Google akhirnya memberikan suatu fitur besar yang ditunggu-tunggu

Android adalah platform operasi seluler Google yang dimanfaatkan di seluruh dunia. Bahkan, sebagian besar smartphone yang tidak dibuat oleh Apple Inc menjalankan Android.

Sistem operasi android terbaru, 9 Pie, dirilis pada bulan Agustus yang menambahkan sejumlah perubahan estetika dan fungsional baru bagi pengguna.

Salah satu fitur terbesar yang dibahas oleh Google selama peluncuran Android 9 Pie adalah suatu alat baru yang dijuluki Digital Wellbeing yang mencoba untuk membuat pengguna lebih sadar tentang berapa banyak waktu yang mereka habiskan di perangkat mereka.

Pada dasarnya, perangkat lunak melacak berapa menit pengguna menghabiskan waktu di setiap aplikasi, berapa kali mereka membuka kunci perangkat mereka dan banyak lagi. Dan semua data ditampilkan melalui tombol Digital Wellbeing di menu pengaturan.

Dalam menjelaskan fungsi tersebut, Google mengatakan: “Meskipun banyak waktu yang berguna yang kita habiskan di ponsel kita, banyak dari kita berharap kita dapat memutuskan dengan lebih mudah dan meluangkan waktu untuk hal-hal lain”.

“Bahkan, lebih dari 70 persen orang yang kami ajak bicara dalam penelitian kami mengatakan mereka ingin lebih banyak bantuan dalam hal ini. Jadi kami telah bekerja untuk menambahkan kemampuan utama langsung ke Android untuk membantu orang mencapai keseimbangan dengan teknologi yang mereka cari.”

“Di Google I / O pada bulan Mei, kami mempratinjau beberapa fitur Kesejahteraan Digital untuk Android ini, termasuk Dasbor baru yang membantu Anda memahami bagaimana Anda menghabiskan waktu di perangkat; Aplikasi Pengatur Waktu yang memungkinkan Anda menetapkan batas waktu pada aplikasi dan Grays out ikon di layar rumah Anda ketika waktunya habis, Do Not Disturb baru, yang membungkam semua gangguan visual yang muncul di layar Anda, dan Wind Down, yang beralih pada Night Light dan Do Not Disturb dan memudar layar ke grayscale sebelum tidur. “

Meskipun fitur ini telah didiskusikan secara detail selama peluncuran Android 9 Pie, fungsionalitas ini tidak diluncurkan bersamaan dengan perangkat lunak tersebut

Sebagai gantinya, versi beta untuk Digital Wellbeing tersedia di perangkat Pixel yang tidak mendukung pengguna sepenuhnya dari fungsi alat yang dijanjikan.

Tetapi sekarang fitur tersebut telah keluar dari mode beta dan sekarang tersedia dalam bentuk lengkapnya untuk semua perangkat Google Pixel dan Android One.

Perbedaan paling mencolok antara versi beta dari Digital Wellbeing dan versi lengkapnya adalah implementasi dari apa yang disebut Google sebagai “dashboard”.

Layar ini menyajikan kepada pengguna dengan daftar aplikasi dan rincian jumlah menit yang telah dihabiskan untuk masing-masing.

Yang paling penting, itu juga memungkinkan penggemar Android mengatur penghitung waktu untuk aplikasi tertentu, mirip dengan fitur Waktu Layar iOS 12.

Wind Down adalah fitur baru lainnya yang mencoba membantu pengguna menggunakan ponsel mereka lebih sedikit sebelum mereka pergi tidur.

Fitur ini akan mengaktifkan Do Not Disturb, artinya notifikasi akan terbatas, dan akan mengaktifkan toggle Grayscale, yang berarti tampilan pengguna akan ditampilkan dalam warna hitam dan putih.

Meskipun Digital Wellbeing tampaknya hanya terbatas pada perangkat Android One dan Pixel saat ini, Google telah menyatakan bahwa fungsi tersebut akan datang ke “perangkat lain” juga.

Namun, tidak diketahui kapan semua pemilik Android akan dapat memanfaatkan alat yang berguna ini.