JANGAN TAKUT MENULIS !!!

 

Menulis adalah bagian dari bercerita. Namun kebanyakan orang merasa ”menulis”  itu terasa lebih sulit  karena menulis adalah bercerita  tanpa intonasi. Tetapi yuuk kita coba menulis dan menjadi penulis.

Pendongeng itu membuat saya terkesima. Sekian banyak anak duduk bersila dan mata mereka tertuju kedepan dan nyaris tak berkedip. Mereka mendengarkan Pak Agus Nuramal bercerita.

Bioskop penuh,  orang berbaris ditempat pembelian karcis. Mereka mau menonton. Sama seperti anak–anak yang bersila tadi, penonton bioskop juga mau sebuah cerita. Semua orang suka cerita tapi tidak semua orang merasa bisa bercerita. Mengapa ??

 

Pertama, kita HARUS TAHU apa yang ingin kita ceritakan atau kita tulis. Misalnya, kita ingin menulis tentang remaja maka kita bisa angkat tentang Siapa Remaja itu, konflik apa yang bersentuhan dengan mereka dan bagaimana cara berinteraksi dengan remaja. Itu bingkai yang kita buat. Jangan keluar dari bingkai itu. Mengapa?. Ketika Penulis tidak bisa disiplin dengan bingkainya maka dia akan melantur kemana – mana dan membuat pesan yang akan disampaikan menjadi bias. Pembaca perlu diarahkan ke pesan.

BACA JUGA : Idolaku, Samuel Mulia

Kedua, JADI DIRI SENDIRI juga modal utama agar penulis bisa menyelesaikan tulisannya. Menulis yang tanpa beban akan mengasyikan dan membuat proses menulis akan menyenangkan. Jangan takut salah dan ikut-ikutan. Sekali lagi keluarkan ciri dan gaya menulis mu sendiri.

Ketiga, BANYAK MEMBACA. Menulis adalah proses memproduksi (output). Lantas apa yang bisa kita produksi kalau kita tidak ada asupan bahan (input). Membaca adalah proses asupan bahan. Seorang penulis yang banyak membaca, akan menghasilkan tulisan yang bisa membekali pembaca.

Jadi, JANGAN TAKUT MENULIS !!! pasti kamu bisa.

Heidi Lepar
Heidi Lepar