Mohammad Hoesni Thamrin

 

Jalan Thamrin di pusat Kota Jakarta, pastinya sering kita lalui. Wajah MH Thamrin pada uang pecahan Rp 2000,- sering kita lihat; namun tidak semua orang mengetahui siapa beliau.

Mohammad Hoesni Thamrin adalah seorang politisi di masa Hindia Belanda yang lahir di Batavia (sekarang Jakarta) pada 16 Februari 1894. Beliau adalah pejuang kemerdekaan Indonesia yang tidak hanya melalui jalur politik formal namun berusaha membangkitkan semangat kebangsaan melalui budaya Indonesia.

Sebagai anak Wedana, beliau dekat dengan rakyat jelata, tidak canggung mandi di Sungai Ciliwung dan tidur bersama mereka.

Mohammad Hoesni Thamrin

M.H.Thamrin mengikuti pendidikan menengah umum di Koning Willem III School te Batavia. Saat ini sekolah tersebut berada di lokasi Perpustakaan Nasional jl Salemba Raya Jakarta. Setelah lulus Kemudian bekerja di perusahaan perkapalan.

Karier selanjutnya, M.H.Thamrin bekerja di Kantor Kepatihan Batavia, kemudian menjadi anggota Dewan Kota. Sebagai anggota Gementeraad (Dewan Kota) Batavia, beliau memperjuangkan kehidupan rakyat pribumi untuk memperoleh pendidikan, ekonomi dan kesehatan yang layak.

Karier M.H.Thamrin semakin meningkat, menjadi Wakil Walikota II ,kemudian menjadi anggota Volksraad. Peristiwa ini merupakan pertama kalinya dimana salah satu Tokoh Betawi (dari organisasi Kaoem Betawi) menjadi anggota Volksraad (Dewan Rakyat) di Hindia Belanda, mewakili Kelompok Inlanders (pribumi). Pada saat menjadi anggota Volkstraad, M.H.Thamrin sangat kritis, hal ini tentunya menyebabkan Pemerintah Kolonial Belanda menjadi terganggu.

Pada tanggal 6 Januari 1941 sekitar pukul 02.30 di kediamannya, Polisi Pemerintah Kolonial Belanda (PID) memaksa masuk kedalam rumah, mereka mencari dokumen penting. Dalam kondisi lemah karena sakit, MH Thamrin dijatuhi hukuman tahanan rumah. Pada tanggal 11 Januari 1941, beliau wafat, dan dimakamkan di TPU Karet, Jakarta.

Diorama penggeledahan rumaah MH Thmarin oleh Polisi Pemerintah Belanda

Atas jasa-jasanya Pemerintah RI memberikan penghargaan kepada Mohammad Hoesni Thamrin sebagai Pahlawan Nasional pada tanggal 28 Juli 1960.

sumber : Museum M.H.Thamrin

Yuli Hapsari
Yuli H