BAPAK GIZI INDONESIA

4 SEHAT 5 SEMPURNA. Slogan yang digagas oleh  Prof. Poorwo, muncul pada tahun 1950-an dan sejak itu selalu menjadi patokan bila ingin hidup sehat. Slogan itu membuat masyarakat mulai sadar gizi.

 

Prof. Poorwo Soedarmo

Sumber foto : https://id.wikipedia.org/wiki/Poorwo_Soedarmo

Prof. Poorwo Soedarmo adalah Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang pada tahun 1969 mendapat pengakuan dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) sebagai Bapak Gizi Indonesia.

Hari Gizi Nasional diperingati setiap tanggal 25 Januari. Tanggal itu ditetapkan dengan mengambil momentum berdirinya Sekolah Djuru Penerang Makanan (SDPM) tanggal 25 Januari 1951. Pendiri SDPM adalah Prof. Poorwo Soedarmo untuk melatih agen-agen pengaya gizi nasional dalam upaya mengatasi masalah gizi bangsa Indonesia.

Prof. Poorwo Soedarmo adalah orang pertama yang memperkenalkan, merintis dan mengembangkan pengetahuan tentang gizi dan ketenagaan gizi di Indonesia, mendirikan Akademi Ahli Diit dan Nutrisionis yang kemudian menjadi Akademi Gizi.

Baca Juga: ISI PIRINGKU

Tahun 1950-1958 oleh Menteri Kesehatan Dr. J Leimena beliau diangkat sebagai Kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR). Beliau orang pertama yang memperkenalkan ilmu Home Economics di Indonesia (1957), sekarang dikenal dengan Ilmu Kesejahteraan Keluarga.

Prof. Poorwo Soedarmo, lahir di Malang Jawa Timur pada tanggal 20 Februari 1904. Beliau dianugerahi umur panjang hingga usia 99 tahun dan wafat pada tanggal 13 Maret 2003, dimakamkan di Makam Pahlawan Kalibata Jakarta.

Saat ini Kementerian Kesehatan mengampanyekan slogan “Isi Piringku” sebagai pengganti slogan 4 Sehat 5 Sempurna untuk pedoman konsumsi sehari-hari dalam memenuhi gizi seimbang.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Poorwo_Soedarmo; http://promkes.kemkes.go.id/?p=8799; http://medisindo.co.id; https://www.malangtimes.com

Yuli Hapsari
Yuli S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + eighteen =