Cinta ….. Tidak Memandang Usia

Akhir-akhir ini banyak media sosial yang memberitakan pernikahan dengan perbedaan usia yang cukup jauh, yang sedikit menggelitik adalah ternyata usia si perempuan jauh lebih tua dibandingkan laki-laki.

Pernikahan yang pernah viral terjadi di Indonesia, diantaranya adalah:

  1. Misnah (48 tahun) dan Rizal (24 tahun)

Pesta pernikahan yang cukup meriah ini terjadi di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Pernikahan ini sempat menjadi perbincangan warga karena Misnah adalah nenek yang telah mempunyai 10 orang cucu.

  1. Andi Darfan (24 tahun) dan Andi Rosmiati Untung (55 tahun)

Pernikahan yang terjadi di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, 7 Mei 2017 ini cukup menghebohkan karena ternyata status si istri di KTP belum menikah

Baca Juga: TEH

  1. Ade Irawan (28 tahun) dan Manih (78 tahun)

Pernikahan ini pernah menjadi viral, karena perbedaan usia yang sangat jauh yaitu 50 tahun walaupun alasan pernikahan ini adalah karena keduanya saling merasa cocok satu dengan yang lainnya.

Apakah mungkin saat ini usia bukanlah lagi menjadi patokan idealnya suatu penikahan? Bagaimana seorang ahli memandang hal ini?

Menurut seorang psikolog, Utami Widyanti, fenomena ini sudah lama terjadi, bukan merupakan hal baru. Jika ditinjau dari sudut pandang sosial ekonomi mungkin lebih karena faktor kematangan finansial dari pihak perempuan. Sementara perempuan dengan dominasinya ia lebih nyaman dengan laki-laki yang lebih muda karena lebih bisa dikendalikan dan diatur.

Dari ilmu psikologi ada yang disebut dengan oedipus complex yaitu kecenderungan laki-laki tertarik kepada perempuan yang lebih tua.

Banyak faktor yang mempengaruhinya salah satu diantaranya adalah peran ibu yang kuat tertanam dalam diri laki-laki itu.

Jadi …. ternyata cinta itu memang tidak memandang usia.

Narasumber : Utami Widyanti, SPsi, Psikolog

Ella Irawan
Ella I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 5 =