ISI PIRINGKU

Sudah sejak lama kita mengenal slogan 4 Sehat 5 sempurna dengan nasi, lauk, sayur, buah dan susu. Pada perkembangannya kini, berubah menjadi pedoman gizi seimbang dengan slogan Isi Piringku.

Isi Piringku pada umumnya menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring terdiri dari 50% buah dan sayur mayur, dan 50% sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein. Karbohidrat tidak hanya didapat dari nasi saja tetapi juga ada pada jagung, singkong, ubi dan sebagainya sedangkan protein ada hewani dan nabati. 

Gizi Seimbang adalah susunan makanan sehari–hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda tergantung kepada aktivitas yang dilakukan sehari-hari, jenis kelamin, tinggi badan, dan berat badan.

Contohnya seorang atlet kebutuhan kalorinya berbeda, karena aktivitas fisik lebih banyak. Juga ibu hamil perlu diperhatikan asupan makanannya untuk mencegah stunting, yaitu gagalnya proses tumbuh dan kembang seseorang.

Baca Juga: Yuk Berdamai dengan Penyakit

Diharapkan dengan paham arti dari isi piringku ini, para ibu dapat memberikan asupan gizi yang baik saat hamil.

Pada anak, harus sejak dini, diperkenalkan jenis makanan yang beraneka ragam. Hal ini akan berpengaruh jika anak tersebut sudah lebih besar; terlebih lagi remaja. sehingga anak nantinya tidak menjadi tipe anak yang pemilih terhadap jenis makanan.

Marilah kita konsumsi pangan yang beraneka ragam, membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat, melakukan aktifitas fisik dan pertahankan serta pantau berat badan.

Narasumber Ibu Dyah Yuniar Setyowati, SKM

Ella Irawan
Ella I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 2 =