Mahar Yang Unik

Sejatinya pemberian mahar kepada calon pengantin wanita merupakan bentuk penghormatan menjelang pernikahan dan wujud bentuk kesungguhan yang diberikan calon suami. Pada umumnya mahar yang diberikan identik dengan keindahan seperti perhiasan emas ataupun uang.

Belum lama ini kita dibuat terkaget-kaget dengan pemberitaan tentang uniknya sebuah mahar yang diberikan oleh calon pengantin pria kepada pasangannya. Dimana mahar tersebut bukanlah seperti pada umumnya mahar tetapi berupa sepasang sandal jepit biasa dengan tali berbentuk huruf V berwarna kuning. Peristiwa ini terjadi pada pasangan Budi Risdianto dan Julia Warasita, warga Desa Sumberadi, Kebumen, Jawa Tengah.

Ternyata saat ini bentuk mahar beraneka ragam, makin unik dan bervariasi. Ada beberapa mahar unik yang diterima calon pengantin wanita dari pasangannya.

Baca Juga: Menggapai Resolusi di Tahun baru

  1. Di Kabupaten Aceh Singkil, Kampung Pea Jambu, Kecamatan Singkohor, Aceh 24 Mei 2016 yang lalu, Rohani sang calon pengantin wanita menerima mahar yang cukup unik dari Hari pasangannya yaitu segelas air putih. Setelah ijab qobul diucapkan langsung air putih itu diminum oleh pengantin wanita. Walaupun acara berlangsung dengan sederhana tapi cukup khidmat.

  1. Di Bekasi, Jawa Barat juga ada permintaan mahar yang tidak biasa dari calon mempelai wanita. Mahar yang diminta oleh Ariyati kepada Indra pasangannya adalah kain Kafan. Alasan yang diberikan sangat simple, Ariyani ingin jika kelak ia meninggal, kain kafan inilah yang akan membungkus tubuhnya.

  1. Bukan hanya di Indonesia, di Uni Emirat Arab, permintaan mahar pun ada yang unik; ayah calon pengantin wanita meminta mahar berupa semangkok kurma dan secangkir kopi.

Beberapa contoh membuktikan bahwa suatu pernikahan dapat berlangsung walau hanya dengan menggunakan biaya yang tidaklah terlalu besar. Yang terpenting adalah kesungguhan untuk membina keluarga kedepan dengan diikuti niat yang tulus dari keduanya

Ella Irawan
Ella I

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 5 =