Mengenal Lebih Jauh Ailurophobia

Apa reaksi kamu ketika tiba-tiba mendengar suara meong ……meong….?

Bagi pecinta kucing, suara itu terdengar biasa-biasa saja, beda sekali jika yang mendengar itu orang yang takut dengan kucing. Reaksi pertama bagi orang yang takut dengan kucing, mendengar suara mengeong itu bermacam-macam, ada yang langsung lari ketakutan, ada juga yang langsung naik ke atas kursi.

Ada anggapan, reaksi yang diperlihatkan tadi terasa tidak wajar bahkan diangggap mengada-ada. Apa sebetulnya yang harus ditakuti dari binatang berbulu yang lucu itu?

Orang yang takut dengan kucing dinamakan Ailurophobia. Ailurophobia adalah orang yang mempunyai rasa takut yang berlebihan (phobia) terhadap kucing.

Baca Juga: COKELAT

Menurut pendapat seorang psikolog, Utami Widyanti, arti phobia itu adalah rasa takut atau ketakutan yang berlebihan terhadap kejadian, situasi, atau benda.

Penyebab phobia bisa dikarenakan ada pengalaman buruk terhadap sesuatu dan terekam dialam bawah sadar. Untuk mengetahui penyebabnya bisa dilakukan dengan hypnotherapy.

Cara terapi untuk mengurangi bahkan menghilangkan phobia tersebut diantaranya adalah paparkan atau hadapi (jangan dihindari), interaksi dengan obyek tersebut. Munculkan pikiran pikiran positif dari atau tentang objek tersebut, jangan dipaksa tapi dilakukan secara bertahap.

Narasumber: Utami Widyanti, SPsi

Ella Irawan
Ella I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − five =