Mengatasi Beda Pendapat dengan Orang Tua

Buat kamu yang saat ini sudah duduk di bangku sekolah kelas 12, sepertinya sudah saatnya untuk mempersiapkan jurusan apa yang akan kamu pilih jika ingin melanjutkan kuliah nanti. Pemilihan jurusan merupakan hal yang sangat penting buat kamu, jangan sampai salah pilih yang pada akhirnya merugikan diri sendiri.

Terkadang jurusan yang kamu minati tidak sesuai dengan keinginan orang tua. Ujung-ujungnya tidak jarang akhirnya yang dipilih adalah bukan jurusan yang kamu minati tapi justru keinginan orang tua, dengan alasan “tidak mau menjadi anak durhaka”.

Melakukan suatu pekerjaan akan lebih ringan jika direstui oleh kedua orang tua. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu pilih untuk mengatasi perbedaan pendapat dengan orang tua.

  1. Pemilihan waktu yang tepat

Bicarakan dari hati ke hati di waktu yang tepat, jangan di saat orang tua kamu sedang dalam keadaan lelah atau sakit. Salah dalam memilih waktu bisa menimbulkan ketegangan yang pada akhirnya tidak menemukan titik temu.

  1. Jelaskan alasannya

Kamu harus benar-benar bisa meyakinkan orang tua bahwa minat kamu adalah jurusan yang kamu pilih. Jangan ragu-ragu menjelaskannya. Alangkah lebih baik jika sebelumnya kamu juga mencari tahu jurusan yang kamu pilih ini akan mempunyai prospek masa depan yang bagus. Dengan kamu bisa menjelaskan secara sungguh-sungguh, bisa saja akhirnya restu itu keluar.

Baca Juga: Yuk Berdamai Dengan Penyakit

  1. Jangan Emosi

Dengarkan pendapat orang tua, jangan memotong pembicaraan sebelum selesai. Yakinkan mereka kalau kamu minatnya di bidang yang kamu ingin pilih ini. Bicaralah dengan tutur bahasa yang baik, jangan menimbulkan kesan menggurui.

  1. Bisa dipertanggungjawabkan

Dengan memilih jurusan sesuai minat kamu, artinya kamu harus berani mempertanggungjawabkannya. Setelah masuk di jurusan yang kamu pilih, belajarlah dengan sungguh-sungguh, jaga kepercayaan orang tua, jangan sampai mengecewakan mereka.

  1. Berdoa

Banyak-banyaklah berdoa, agar keinginan kamu bisa terkabul.

Selamat mencoba !!!!

Ella Irawan
Ella I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + nineteen =