Menghadapi Bos Baru

Pergantian pimpinan dalam sebuah perusahaan adalah hal yang lumrah dan sering terjadi. Setiap pemimpin mempunyai gaya dan sifat yang berbeda. Kejadian ini tidak jarang membuat kita sebagai bawahan merasa sedikit cemas, apalagi jika kita sudah merasa sangat nyaman dengan gaya pemimpin yang lama. Mau tidak mau hal ini akan berdampak pada suasana kerja kita.

Untuk menghadapi situasi seperti ini ada beberapa langkah yang harus kamu ambil. 

Tetap Profesional

Tetaplah bersikap profesional karena memang dia yang akan menjadi pemimpin kamu yang baru. Jangan tunjukkan sikap tidak suka secara terang-terangan yang bisa membuat dia tersinggung, sekalipun dia sudah melakukan tindakan yang kurang berkenan. Sepanjang tindakan itu masih masuk akal, jangan kita masukan ke dalam hati, abaikan saja. Bisa jadi hal itu dilakukan karena ketidaktahuannya. 

Baca Juga: Cara Mudah Move On Dari Mantan

Berikan Informasi

Berikan informasi sejelas-jelasnya jika ditanya suatu hal yang belum dimengertinya, misalnya mengenai alur pekerjaan ataupun tugas masing-masing pegawai yang akan dipimpinnya.

Adaptasi

Mungkin pemimpin kamu yang lama sifatnya lebih bersahabat dan banyak toleransinya, tapi pemimpin yang baru ini adalah orang yang tegas dan mau segalanya selesai dengan cepat. Suka atau tidak suka kamu harus bisa beradaptasi dengan gaya kepemimpinan seperti ini. Bukan hal yang mudah memang, apalagi jika kamu sudah terlanjur terbawa juga dengan gaya kepemimpinan yang lama.

Jalin Komunikasi

Jangan menganggap pemimpin baru sebagai musuh yang harus ditakuti, jalinlah komunikasi dengan baik, cari tahu hal-hal apa yang disukai dan tidak disukainya. Hal itu dapat mempermudah pekerjaan kamu.

Ella Irawan
Ella I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 2 =