Dakota RI -001 Seulawah

Pesawat udara Seulawah menjadi saksi sejarah dalam perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dok. Pribadi

Saat ini, pesawat Seulawah dapat disaksikan di area Anjungan Aceh Taman Mini Indonesia Indah.

Di depan pesawat tertulis penjelasan sebagai berikut :

Pesawat udara RI 001 dengan nama Seulawah dibeli pada pertengahan tahun 1948 dengan dana sumbangan rakyat Aceh. Mula-mula digunakan sebagai jembatan udara untuk menghubungkan daerah-daerah de facto Jawa dan Sumatera sebagai penunjang perjuangan fisik bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan.

Pada akhir tahun 1948 Yogyakarta sebagai pusat pemerintah RI termasuk lapangan udara Maguwo (sekarang Adisucipto) diduduki tentara Belanda sehingga pesawat RI 001 di operasikan di luar negeri, ikut mencari dana untuk perjuangan Kemerdekaan RI.

Dimulai dengan pesawat RI -001 Indonesian Airways sebagai usaha penerbangan niaga pertama Indonesia beroperasi di Burma.

Di renovasi oleh Garuda Indonesia tgl 1 April – 25 April 2010.

Baca Juga: ISTANA SIAK SRI INDERAPURA

Dengan membaca penjelasan tersebut, dapat diketahui betapa kuatnya rasa persatuan dan kesatuan serta keikhlasan rakyat, terutama rakyat Aceh dalam ikut serta mempertahankan kemerdekaan yang baru diproklamirkan pada tahun 1945 dan masih mendapat ancaman dari Belanda untuk kembali menguasai Wilayah Indonesia.

Sumber : TMII- Anjungan NAD, http://www.tamanmini.com/anjungan/anjungan-nanggroe-aceh-darussalam;  https://id.wikipedia.org/wiki/Dakota_RI-001_Seulawah.

Yuli Hapsari
Yuli S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 9 =