Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

Jalan-jalan bisa membuat hati menjadi plong, itu yang saya rasakan. Tujuannya kemana saja yang bisa saya capai. Kali ini saya berkunjung ke Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, letaknya di Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Setu Babakan secara alami sebagai penampung air resapan untuk selatan Jakarta, Saya baru pertama berkunjung. saya naik kendaraan dan parkir disekitar danau. Terlihat beberapa orang memancing di danau yang banyak ikan nila dan ikan mas.

Di tepi danau di antara rimbunan pohon, tersedia kursi, meja dan hamparan tikar untuk bersantai sambil menikmati makanan khas Betawi, seperti  kerak telor, toge goreng, soto Betawi, bir peletok, kue rangi, kembang goyang dan masih banyak lagi. Soal harga jangan khawatir, cukup terjangkau dan rasanya enak, apalagi dinikmati di bawah pohon disertai terpaan angin.

Baca Juga: Dakota RI -001 Seulawah

 

Setu Babakan ditetapkan Pemda DKI menjadi Perkampungan Budaya Betawi, suatu area untuk pelestarian budaya Betawi. Selain kuliner khas Betawi, kita dapat mengenal aneka budaya Betawi; dapat dilihat rumah-rumah Betawi, batik Betawi, pertunjukan seni seperti tanjidor, orkes gambang kromong, tarian Betawi, silat Betawi dan lainnya sesuai jadwal yang ditetapkan.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Setu_Babakan Foto: Dok. pribadi

Purbasari
Purbasari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 2 =