ARCA EMAS DEWA SIWA dan DEWI PARWATI

Arca Dewa Siwa dan Dewi Parwati, dari emas murni 24 karat ditemukan di Goa Seplawan, Purworejo, Jawa Tengah, pada tanggal 28 Agustus 1979. Menurut penjelasan pemandu wisata, arca dengan tinggi 16 cm dan berat 1,6 kg kini berada di Museum Nasional, Jakarta.

 

Replika arca Siwa dan Parwati di Goa Seplawan. (dok pribadi)

Dewa Siwa dalam ajaran agama Hindu adalah dewa pelebur, bertugas melebur segala sesuatu yang sudah usang dan tidak layak berada di dunia sehingga harus dikembalikan kepada asalnya. Dewi Parwati sebagai pasangan kedua dari Dewa Siwa.

Baca Juga: Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

 

Dok. pribadi

Goa Seplawan, lokasinya berada di Dusun Katerban, Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworeja, Jawa Tengah. Karena letaknya di pegunungan, untuk menuju goa harus menuruni tangga yang cukup curam. Jam berkunjung 08.00 – 16.00 wib, pada musim hujan air dalam gua mengalami pasang surut, sehingga bila air dalam gua meluap pengunjung agar segera mencari tempat tertinggi. Panjang goa sekitar 750 m dan mempunyai lorong-lorong, jika memasuki goa sebaiknya bersama pemandu wisata.

Dok. pribadi

Di dataran bagian atas terdapat batu-batu seperti reruntuhan, menurut Bapak Ripno, petugas setempat, batu tersebut merupakan reruntuhan Candi Gondo Arum. Tidak jauh dari lokasi tersebut terdapat situs benda cagar budaya Lingga dan Yoni.

Sumber : Goa Seplawan, https://id.wikipedia.org/wiki/Sakti.

Yuli Hapsari
Yuli S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − 4 =