Buah Bintaro si Pengusir Tikus

 

Kamu pernah punya pengalaman, ketika sedang nonton tv atau makan tiba-tiba tikus lewat diantara sela-sela kaki? atau makanan yang kita letakkan di atas meja tiba-tiba sudah berpindah tempat, dikolong kursi misalnya? atau mesin cuci yang mendadak mati karena kabelnya digigit tikus?

Ada satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengusir tikus selain dengan menggunakan lem, racun ataupun perangkap tikus, yaitu dengan meletakkan buah bintaro di tempat yang biasa dilewati oleh tikus.

 

Pohon bintaro sekarang mudah dicari karena sudah banyak tumbuh di area perumahan sebagai pohon peneduh. Buahnya berwarna hijau menyerupai alpukat dan berwarna kecoklatan jika sudah matang.

 

Baca Juga: Yuk Berdamai  dengan Penyakit

Menurut Luki Rusmawan Subekti, buah bintaro mengandung cerberin, senyawa racun yang bisa merusak sel saraf tikus. Sel saraf akan rusak atau mati karena cerberin memblok kerja pompa Natrium/Kalium sel sehingga merusak sistem osmosis sel. Sebenarnya tidak cuma sel saraf tapi juga semua sel termasuk sel otot jantung. Dengan penciuman tikus yang tajam dan sensitif juga mempunyai memori yang kuat maka tikus akan langsung membaui senyawa cerberin dan akan langsung pergi atau kabur.

Bagi yang rumahnya sering kedatangan tamu yang menjengkelkan, bisa dicoba cara ini. Semoga berhasil ……..!!!!!!!

Narasumber : Drh. Luki Rusmawan Subekti

Ella Irawan
Ella I