Nikmatnya Kue Serabi

Mencari kue serabi yang terbuat dari tepung beras dan dimasak menggunakan kayu bakar, sepertinya cukup langka keberadaannya saat ini, apalagi di kota besar. Tapi di Jakarta Barat, tepatnya di depan SDN 06 Pagi Tanjung Duren, ada yang menjual nya.

Bapak Nasukha, pria kelahiran Pemalang, 4 Agustus 1952, pertama kali merantau ke Jakarta pada tahun 1972 dan menjadi pedagang roti keliling namun tahun 2008 ia memutuskan untuk meneruskan usaha turun temurun keluarganya menjadi penjual kue serabi yang dimasaknya sendiri.

Pada awal memulai usaha itu banyak menemukan kendala, ada saingan dari pedagang lain yang juga berjualan makanan sejenis namun lambat laun satu persatu mereka mulai menutup usahanya itu, hingga sampai saat ini hanya kue serabi buatan Bapak Nasukha yang masih tetap bertahan.

 

Baca Juga: Tempat Tongkrongan yang Asyik

Bermodalkan selembar terpal dan peralatan yang sederhana, setiap hari mulai pukul 04.00 – 07.30 WIB dan sore pukul 16.00 – 18.00 WIB ia berjualan dengan dibantu oleh istrinya.

Karena dimasak menggunakan kayu bakar maka kue serabi itu kental dengan aroma khas kayu bakar. Untuk menambah rasa nikmat, dapat ditambahkan dengan kuahnya yang terbuat dari campuran gula merah, santan juga duren.

Ella Irawan
Ella I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × one =