Golf

Kapan pertama kali permainan golf dilakukan?

 

Terdapat bukti tertulis bahwa Ratu Mary dari Skotlandia telah bermain golf pada tahun 1567 di padang golf bernama The Old Links di Musselburg Racecourse di Skotlandia.

Pada April 2005 Prof. Ling Hongling dari Universitas Lanzhou, Tiongkok,  menunjukkan permainan serupa golf telah dimainkan di Tiongkok pada era Dinasti Tang, 500 tahun sebelum golf di Skotlandia.

Permainan golf di Indonesia sudah sejak zaman penjajahan Belanda. Lapangan golf Rawamangun, Jakarta, merupakan lapangan golf tertua di Indonesia. Awalnya lapangan golf tersebut berada di area Gambir, didirikan oleh A. Gray dan TC Wilson pada tahun 1872 dengan nama Batavia Golf Club. Kemudian tahun 1934 lapangan golf di pindah ke Rawamangun yang di tahun 1950 berubah nama menjadi Jakarta Golf Club.

sumber: https://gogolf.co.id/golf-course/jakarta-golf-club

Baca Juga: Dakota RI -001 Seulawah

Permainan golf di Indonesia makin meluas, di Surabaya tahun 1898 didirikan lapangan golf yang saat ini bernama Yani Golf Club dan di Palembang tahun 1926 didirikan Padang Golf Kenten. Pembangunan lapangan golf terus berkembang di daerah-daerah di Indonesia.

Sekitar tahun 1937-an, K.G.P.A.A.Mangkoenagoro VII dan permaisuri G.K.R.Timoer dari Puro Mangkunegaran Surakarta, bermain golf di lapangan Tawangmangu Sport Park, Jawa Tengah. (Foto: Reksapustaka)

Sumber : https://gogolf.co.id/golf-course/palembang-golf-club, https://gogolf.co.id/golf-course/jakarta-golf-club;  https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_golf, Reksa Pustaka, Puro Mangkunegaran Surakarta.

Yuli Hapsari
Yuli S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five − five =