Semarak Imlek di Kampung Cina

Foto-foto koleksi pribadi

Kampung Cina yang terletak di Jalan Boulevard Kota Wisata Cibubur, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, merupakan salah satu tujuan wisata yang layak dikunjungi. Tidak hanya menjelang Imlek saja, pada akhir pekan pun tempat ini ramai dikunjungi. Bahkan pengunjung terlihat berjejalan di depan kios-kios.

Di pintu masuk kita akan disambut dengan sebuah gapura besar bertuliskan “Gerbang Kemakmuran” yang di kanan kirinya diapit oleh prajurit sedang memegang obor dan semacam pedang. Lampion berwarna merah bergelantungan menambah meriah gapura ini.

Setelah melewati “Gerbang Kemakmuran” tampak kios-kios yang menjual bermacam-macam barang, mulai dari mainan anak, aksesoris, perlengkapan barongsai, dan pernak pernik lainnya serta pakaian khas Tiongkok. Barang yang dijual di kios-kios hampir seragam, harga yang ditawarkan cukup miring.

Baca Juga: Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

Tapi itu adalah Keadaan Kampung Cina beberapa tahun yang lalu, sekarang Kampung Cina terlihat kumuh seperti kurang perawatan dan banyak kios yang sudah tutup, meski begitu barang-barang yang diperjual belikan masih sama hanya pengunjungnya tidak sebanyak dahulu lagi.

Akankah Kampung Cina nantinya hanya tinggal kenangan saja ?

Ella Irawan
Ella I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 3 =