SUROSOWAN

Kerajaan Banten dikuasai oleh Demak pada tahun 1526, dan kemudian Maulana Hasanudin diangkat penjadi Sultan Banten. Sultan Hasanudin kemudian membangun Surosowan (1526-1570) yang merupakan kompleks istana tempat tinggal sultan dan pusat kegiatan keraton.

Saat itu yang menjadi pucuk umum (penguasa) di Wahanten Pesisir adalah pamannya yang nama Arya Surajaya. Pucuk umum di wilayah Wahanten Girang bernama Arya Suranggana menolak kehadiran pengaruh penguasa baru sehingga Wahanten Girang dikuasai oleh Sultan Hasanudin.

Kompleks Istana Surosowan; saat ini bangunan keraton hanya terlihat pondasi (dok. pribadi).

Sayang sekali bangunan keraton Surosowan tidak dapat lagi disaksikan akibat serangan VOC tahun 1680 di masa Sultan Ageng Tirtayasa dan tahun 1813 dihancurkan atas perintah Daendels, karena Sultan menolak perpanjangan proyek jalan Anyer-Panarukan.

Baca Juga: STASIUN SALEMBA

Yang tertinggal dinding pembatas setinggi 3-4 meter dan ketebalan 6-8 meter, mengitari area keraton 3,8 ha dan pada sudutnya diubah menjadi bastion pada masa Sultan Haji (1672-1687), sehingga orang Belanda menyebutnya Fort Diamant atau Kota Intan.

Konon bangunan Keraton sangat megah, dibangun oleh arsitek Belanda bernama Hendrik Lucasz Cardel yang bergelar Pangeran Wiraguna.

Kolam di Surosowan (dok. pribadi).

Pada bagian tengah area keraton terdapat fondasi bangunan kolam berisi air berwarna hijau, kolam tersebut ada beberapa di area keraton yang merupakan ruang mandi-mandi. Salah satunya bernama Bale Kambang Rara Denok.

Watu Gilang, berada di tengah kota, tidak boleh digeser, karena pergeseran akan menyebabkan keruntuhan kerajaan (dok. pribadi).

Menurut Serat Banten, Watu Gilang berasal dari Kerajaan Pajajaran yang dalam sejarah ditaklukan oleh Banten pada tahun 1579. Watu Gilang Sriman Sriwacana dipindahkan ke Banten Lama oleh Penembahan Yusuf atas perintah ayahnya Hasanudin. Batu tersebut menjadi lambang/tempat penobatan/pentasbihan sultan-sultan Banten

Sumber : Cagar Budaya Keraton Surosowan, https://wisatabanten.com/keraton-surosowan-banten/
https://id.wikipedia.org/wiki/Keraton_Surosowan

Yuli Hapsari
Yuli S

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − 2 =