ASAL-USUL KOTA PONTIANAK

Kota Pontianak didirikan oleh Syarif Abdurrahman Al Qadri, pada tanggal 23 Oktober 1771.

Bermula ketika beliau bersama rombongan berlayar melintas di daerah delta pertemuan Sungai Landak dan Sungai Kapuas Kecil, mendapat gangguan dari mahluk halus. Gangguan tersebut sering terjadi atas ulah kuntilanak atau pontianak yang digambarkan sebagai perempuan berbaju putih dengan berambut panjang. Kemudian Syarif Abdurrahman Al Qadri melakukan penembakan meriam, sekaligus menandakan di mana peluru meriam ini jatuh dijadikan wilayahnya. Upaya ini berhasil, tidak ada lagi gangguan dan dimana peluru meriam jatuh, kemudian dibangun balai dan rumah tinggal.

Istana Kadariyah (Dok. pribadi).

Baca Juga: LEMBAGA EIJKMAN

Tahun 1778 (1192 Hijriah) Syarif Abdurrahman Al Qadri menjadi Sultan Pontianak. Letak pusat pemerintahan ditandai dengan berdirinya Masjid Jami (kini bernama Masjid Sultan Syarif Abdurrahman) dan dibangun Istana Kadariah dengan warna kuning.

Di dalam istana dapat dilihat singgasana kerajaan, foto-foto di antaranya foto rancangan Lambang Negara Garuda Pancasila oleh Sultan Hamid II, putra sulung Sultan Pontianak ke-6.

Masjid Sultan Syarif Abdurrahman (Dok. pribadi)

Di Museum Kalimantan Barat, dapat disaksikan Lambang Kerajaan. Jika diperhatikan dengan seksama terlihat ada sobekan pada kertas, mempunyai bentuk yang sama. Mungkin ada yang mengetahui arti dari sobekan tersebut ?

Baca Juga: BANTEN GIRANG

Syarif Abdurrahman Al Qadri wafat pada tahun 1808 M, dimakamkan di Batu Layang, makam khusus untuk para sultan dan keluarganya. Di antaranya terdapat makam Sultan Hamid II yang wafat pada tanggal 30 Maret 1978.

Makam Sultan Syarif Abdurrahman Al Qadri (Dok. pribadi)

Sultan Syarif Abdurrahman Al Qadri, pendiri Kota Pontianak, Dinobatkan sebagai Sultan tahun 1192 H (1778 M), wafat tahun 1808 (M)

Sumber : Museum Kalimantan Barat, Istana Kadariyah, Masjid Jami, Makam Kesultanan Pontianak, Batulayang.

Yuli Hapsari
Yuli S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − eleven =