LEMBAGA EIJKMAN

Lembaga Eijkman beralamat di Jl. Diponegoro no 69 Jakarta Pusat, adalah lembaga penelitian biologi molekuler di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

(Dok pribadi)

Didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada Tahun 1888 yang bernama Geneeskundig Laboratorium, atau Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Batavia, dan Christiaan Eijkman sebagai direktur yang pertama pada tanggal 15 Januari 1888 – 4 Maret 1896.

Christiaan Eijkman (sumber: https://www.thefamouspeople.com/profiles/christiaan-eijkman-426.php)

Christiaan Eijkman seorang peneliti berkebangsaan Belanda, penerima penghargaan Nobel bidang kedokteran pada tahun 1929 atas penelitiannya tentang penyakit beri-beri yang disebabkan oleh kekurangan senyawa yang terdapat pada kulit beras, sebuah konsep yang menjadi cikal bakal penemuan vitamin.

Baca Juga: SUROSOWAN

Pada tahun 1938 bertepatan dengan 50 tahun berdirinya institusi tersebut, nama lembaga menjadi Lembaga Eijkman, sebagai penghargaan terhadap Christiaan Eijkman.

Lembaga Eijkman tahun 1960-an ditutup dan digabungkan dengan RS Cipto Mangunkusumo. Pada Juli 1992, B.J.Habibie membuka kembali Lembaga Eijkman yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 19 September 1995.

Sumber: Jalan-jalan sahabat budaya Indonesia, https://id.wikipedia.org/wiki/Lembaga_Eijkman

Yuli Hapsari
Yuli S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 3 =