CIBULAN KUNINGAN

Di Kuningan Jawa Barat terdapat obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Cibulan, lokasinya berada di jalan raya Cirebon-Kuningan. Tempat ini diresmikan sebagai obyek wisata sejak tahun 1939.

Kolam jernih yang dipenuhi ikan, dengan bantuan pawang, pengunjung dapat memegang atau mencium Ikan Dewa. (Foto-foto, Dok. pribadi)

Terdapat kolam renang dengan air yang jernih dan terlihat banyak ikan berenang di dalamnya. Namanya ikan dewa dan dianggap keramat, konon merupakan penjelmaan dari prajurit-prajurit pembangkang yang dikutuk oleh Prabu Siliwangi. Jumlah ikan dalam kolam selalu sama, tidak pernah berubah, dan tidak boleh diambil, apalagi dimakan.

Baca Juga: BANTEN GIRANG

Di bagian belakang terdapat Petilasan Prabu Siliwangi berupa susunan batu. Tempat tersebut digunakan Prabu Siliwangi beristirahat sekembalinya dari Perang Bubat dan tempat bertapa.

Terdapat tujuh mata air berbentuk kolam kecil mengelilingi petilasan tersebut. Masing- masing mata air mempunyai nama sendiri, yaitu: Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan.

Salah satu sumur mata air yang dipakai pengunjung untuk mencuci muka.

Pengunjung secara bergiliran memasuki sumur satu persatu ada yang mencuci mencuci muka, dan ada yang mandi.

Sumber : Obyek Wisata Cibulan.

Yuli Hapsari
Yuli S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + eight =