SITU LENGKONG PANJALU

Situ Lengkong Panjalu adalah danau yang berada di Kecamatan Panjalu, Ciamis, Jawa Barat, sekitar 35 km dari Ciamis.

Berdasarkan temuan kepurbakalaan dan nilai-nilai sosial kultural serta jejak lainnya, memberi petunjuk tentang masa lalu di wilayah tersebut sebagai kota Kerajaan Soko Galuh Panjalu. Ibu kota kerajaan dibangun pada areal danau seluas 70 ha yang disebut Situ Lengkong.

Pendiri kerajaan bernama Borosngora, raja Panjalu Islam yang pertama, Panjalu sebagai cikal bakal Kerajaan Sunda Kawali.

Baca Juga: LEMBAGA EIJKMAN

Berdasarkan catatan sejarah Sunda, Hyang Bunisora digantikan oleh keponakan sekaligus menantunya yaitu Niskala Wastu Kancana, yang setelah mangkat dipusarakan di Nusa Larang. Sementara menurut Babad Panjalu tokoh yang dipusarakan di Nusa Larang adalah Prabu Rahyang Kancana, putera dari Prabu Sanghyang Borosngora. Ada perkiraan Prabu Sanghyang Borosngora adalah adik Maharaja Linggabuana yang gugur pada peristiwa Bubat melawan Majapahit tahun 1357.

Nusa Larang merupakan pulau yang terdapat di tengah-tengah Situ Lengkong, dinamakan juga Nusa Gede. Dahulu ada pulau yang lebih kecil bernama Nusa Pakel, sekarang sudah menyatu dengan daratan.

Makam Prabu Harian Kancana dan tokoh-tokoh lainnya di Pulau Nusa Larang (Foto-foto dok. Pribadi).

Baca Juga: Dakota RI -001 Seulawah

Untuk menuju pulau Nusa Larang, tersedia sampan bermotor bisa disewa atau bergabung dengan pengunjung lainnya.

Prabu Sanghyang Borosngora memindahkan kerajaan dari Dayeuhluhur ke Nusa Larang.

Gerbang Nusa Larang, pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu. Di depan gerbang terdapat patung harimau (Maung Panjalu)

Sejarah dan kebudayaan Panjalu tidak terlepas dari tradisi, legenda, dan mitos yang menjadi dasar nilai-nilai kearifan budaya lokal, seperti asal mula Situ Lengkong dan Maung Panjalu.

Asal mula Situ Lengkong, ketika Prabu Sanghyang Borosngora pulang dari menuntut ilmu di Mekkah, membawa cendera mata, salah satunya air zamzam dalam batok kelapa berlubang-lubang. Air tersebut ditumpahkan ke dalam lembah dan menjadi induk air Situ Lengkong. Air semakin bertambah menjadi danau dan bukit di lembah menjadi pulau kemudian diberi nama Nusa Larang artinya pulau terlarang atau yang di sucikan.

Sumber : Situ Lengkong Panjalu, http://taandika1.blogspot.com/2017/12/kerajaan-panjalu-ciamis.html

Yuli Hapsari
Yuli S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 4 =