KUTOARJO

Ketika kita naik kereta api menuju Yogyakarta, kereta akan berhenti di Stasiun Kutoarjo, Purworejo. Stasiun Kutoarjo telah ada sejak dimulainya pembangunan jalur Cilacap-Kroya-Kutoarjo, tanggal 20 Juli 1887. Pada saat ini merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe B.

Pendapa di Kutoarjo masih terlihat kokoh dan megah (Dok pribadi).

Jika melihat sejarahnya pada masa Hindia Belanda, Kutoarjo awalnya bernama Semawung dan merupakan Kabupaten. Sebagaimana ibu kota kabupaten pada umumnya, Kutoarjo memiliki pola pembangunan dan penataan kota yang khas dengan adanya alun-alun, pendapa kabupaten, masjid dan gedung-gedung pemerintahan yang berdekatan. Namun sejak tahun 1934 wilayah Kutoarjo digabungkan dengan Kabupaten Purworejo.

Baca Juga: BENTENG UJUNG PANDANG – FORT ROTTERDAM

Alun-alun Kutoarjo (Dokumentasi pribadi).

Ada yang menarik perhatian saya yaitu nama Semawung, karena ketika saya sampai di Kutoarjo, ternyata stasiunnya berada di Kelurahan Semawung Daleman.

Saya berpikir, kemungkinan di daerah sekitar stasiun adalah awal dari nama Kabupaten Semawung. Saya bertanya kepada teman dan keluarga yang tinggal di Kutoarjo, ternyata mereka belum pernah mendengar tentang itu, saya pun terus mencari info.

Diperkirakan makam Sie Mau Wong (Dok pribadi).

Baca Juga: SUROSOWAN

Setelah googling, nama Semawong berasal dari nama Sie Mau Wong, saudagar benang berasal dari Tiongkok. Ketika wafat dimakamkan di sebuah lokasi yang kemudian dikenal dengan nama Semawong. Nama Semawong telah disebutkan ketika Mataram didirikan oleh Panembahan Senapati tahun 1588.

Dengan diantar tukang becak, saya dapat berkunjung ke tempat yang diperkirakan makam Sie Mau Wong, berupa gundukan tanah berumput pada area yang cukup luas di dalam lokasi pemakaman.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Kutoarjo;

http://nikiehistory.blogspot.com/2014/03/sejarah-kutoarjo.html;

http://pagarnusakebumen.blogspot.com/2012/10/sejarah-kota-tercinta-kutoarjo.html

Yuli Hapsari
Yuli S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + 8 =