Jangan Takut Hidup Merantau

(Dokumentasi Puspita Oktarini)

Buat kamu-kamu yang sebentar lagi akan menghadapi SBMPTN, pasti saat ini sudah mulai mencari-cari informasi, universitas mana yang akan kamu pilih. Dan bagaimana jika nanti kamu diterima di luar kota?

Sebetulnya seberapa seram-nya hidup merantau itu? Apa saja yang harus dipersiapka

1. Cari tempat kost yang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Maunya sih yang dekat dengan kampus tapi kalau harganya tidak terjangkau, ada alternatif yang bisa kamu pilih, salah satunya dengan mencari yang sekamar tidak sendiri.

Baca Juga: Jangan Meremehkan Uang Receh

2. Mempunyai teman dari berbagai daerah apalagi jika harus sekamar dengan mereka, bisa membuat kamu terkaget-kaget, tapi jangan khawatir, lama-lama kamu bisa kok beradaptasi.

(Dokumentasi Ilham Nugraha)

3. Di rumah biasanya segalanya terasa mudah karena sudah ada yang meyiapkan. Beda dengan hidup di rantau, kamu harus melakukan semuanya sendiri.

4. Jika uang bulanan terlambat datang, bagaimana menyiasatinya? Misalnya, uang kamu hanya cukup untuk makan dengan lauk tempe dan tahu. Sambil makan, bayangkan saja jika kamu sedang makan dengan ayam goreng, pasti terasa lebih nikmat.

Hidup di tanah orang memang susah-susah gampang. Ada suatu kebanggaan bila kamu nantinya dapat “menaklukkannya” atau akan ada cerita sedih jika kamu gagal bertahan.

Jadi yang mana pilhan kamu?

Ella Irawan
Ella I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four − two =