Menghindari Picky Eaters

Dokumentasi pribadi

Menghadapi anak yang pemilih dalam hal makanan memang tidak mudah. Keadaan seperti itu menurut pendapat seorang ahli, Rita Ramayulis, dikenal dengan istilah Picky Eaters yaitu suatu kondisi dimana anak memilih-milih makanan sehingga asupan gizinya tidak sesuai.

Jika hal itu terjadi maka anak akan kehilangan kesempatannya untuk mendapatkan manfaat dari masing-masing makanan dalam satu kelompok.

Satu kelompok makanan terdiri dari beraneka ragam. Dalam karbohidrat di antaranya terdapat nasi, jagung, singkong dan ubi; dalam sayuran ada buncis, kacang panjang dan sebagainya. Masing-masing makanan tadi mempunyai manfaat yang berbeda satu dengan lainnya.

Baca Juga: BAPAK GIZI INDONESIA

Memiliki anak dalam kondisi tersebut, yang paling mudah disalahkan adalah anak itu sendiri, padahal yang patut disalahkan sebenarnya adalah pola asuhan awal yang diberikan seorang ibu atau pengasuhnya yang tidak memperkenalkan beragam makanan sedari anak itu kecil. Bisa juga secara psikologis anak tidak nyaman ketika menerima makanan tersebut.

Bagaimana jika yang dihadapi oleh orang tua adalah remaja? Susah-susah gampang memang menghadapinya karena kondisi seperti ini sudah lama berlangsung.

Jika memang sudah terlanjur biarkan saja anak itu dengan pola makan yang sudah terbentuk, yang penting asupan karbohidrat, sayuran maupun proteinnya terpenuhi walaupun dengan makanan yang tidak beraneka ragam.

Narasumber: Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes., Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA)

Ella Irawan
Ella I

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.