Menikah Muda atau …?

Ig ananuryns

Sebenarnya, berapa usia ideal untuk menikah? BKKBN memberikan batasan usia pernikahan 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi pria. Tetapi ada juga yang beranggapan bahwa menikah pada usia tersebut pada zaman now dianggap masih terlalu muda.

Saat ini banyak pasangan menunda pernikahan dengan berbagai macam alasan, “kemapanan secara finansial” salah satunya.

Namun, ada juga pasangan yang berani menikah di usia yang masih dianggap “muda” tersebut. Ada yang ingin jika nanti anaknya sudah dewasa si ibu masih berusia muda. Tradisi setempat ada yang memang mendukung pernikahan itu terjadi, bahkan ada yang karena tidak ingin pacarnya direbut oleh orang lain.

Baca Juga: Indahnya Masa SMA

Menjalani kehidupan berumah tangga bukanlah seperti kisah di negeri dongeng yang selalu tampak indah. Tidak sejelek yang kita duga memang, tetapi juga tidak seindah yang kita bayangkan. Bahkan ada yang mengatakan “Selamat Datang di Dunia Nyata”, walaupun kedengarannya memang sedikit berlebihan.

Suka dan duka akan mulai dialami mereka ketika memutuskan “menikah muda” dalam kondisi ekonomi yang belum cukup mapan, apalagi bila memutuskan untuk langsung hidup mandiri. Sering mereka terkaget-kaget dengan biaya hidup yang ternyata tidak murah.

Menjaga keharmonisan dalam rumah tangga bukanlah hal yang mudah, memerlukan kematangan dalam cara berpikir untuk menghadapi masalah yang nantinya akan terjadi, yang tentunya masalah tersebut berbeda kala mereka masih berpacaran dahulu.

Jika pada akhirnya “menikah muda” adalah pilihan kamu, yakinlah bahwa keputusan itu sudah kamu pikirkan secara matang. Kedewasaan memang tidak ditentukan dari berapa usia mereka.

Ella Irawan
Ella I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 2 =