Mengenal Pasar Hewan Jatinegara

Di Jakarta, ada beberapa pasar khusus hewan selain di petshop tentunya, di antaranya adalah Pasar Hewan Jatinegara, yang konon merupakan pasar hewan terbesar di Jakarta. Terletak di Jalan Kemuning Raya, Bali Mester, Jatinegara, Jakarta Timur.

Pasar hewan Jatinegara ini pastinya sudah tidak asing lagi terutama bagi para pecinta hewan. Walau didominasi oleh pedagang burung, tetapi beraneka jenis hewan lain pun dapat kita temukan juga disini, seperti, ikan, kelinci, hamster dan lainnya bahkan ada pula hewan langka seperti berang-berang dan kukang.

Baca Juga: Indahnya Pantai Blado

Selain itu berbagai macam perlengkapan untuk hewan peliharaan, seperti makanan, kandang, aquarium dan sebagainya juga ada disini

Hampir setiap hari pengunjung memadati tempat ini, apalagi jika hari libur sehingga menyebabkan arus lalu lintas di sekitarnya macet parah karena para pedagang sebagian besar menggelar dagangannya di atas trotoar.

Di sini harga yang ditawarkan cukup miring, namun yang cukup miris, banyak hewan yang ditempatkan di kandang yang sangat sempit sehingga tidak mempunyai ruang gerak yang cukup. Selain itu ada juga hewan yang masih bayi yang sudah dipaksa dipisahkan dari induknya untuk di tawarkan kepada pembeli.

Foto Dok Pribadi

Untuk kamu yang tidak terlalu mengerti soal hewan, berhati-hatilah jika mengunjungi tempat ini, banyak cara pedagang terutama pedagang burung yang kerap mengelabui calon pembeli dengan berbagai cara. Harga yang ditawarkan memang murah, tapi tidak dijamin hewan itu akan berumur panjang, bahkan sering hanya kisaran hari saja. Entah mengapa.

Ella Irawan
Ella I