Mengenang Duta Suara

Nama Duta Suara pastinya sudah tidak asing lagi di telinga anak gaul kelahiran tahun tujuh puluhan. Satu-satunya toko musik yang berdiri di Indonesia pada tahun 1970 dan juga merupakan tempat nongkrong anak-anak muda pada masa itu.

Pernah mengalami puncak kejayaan di era 80 hingga 90-an dengan mempunyai beberapa gerai di pusat-pusat perbelanjaan besar di Jakarta, bahkan ada beberapa yang terdapat di luar Jakarta.

Namun semakin berkembangnya teknologi yang menyebabkan beralihnya ke musik digital, juga harga sewa gerai yang semakin melonjak setiap tahunnya, hingga akhirnya pada tahun 2015 beberapa gerai yang tersebar terpaksa ditutup.

Baca Juga: Riwayatmu Kini

Kini yang tersisa satu-satunya hanyalah yang terletak di jalan H. Agus Salim, Sabang, Jakarta Pusat. Itu pun tidak lagi seramai dahulu, hanya 1 – 2 orang pengunjung yang tampak.

Beberapa CD, DVD bahkan kaset dijejer di masing-masing rak dengan rapi. Namun kaset-kaset yang dijual adalah stok lama, hanya untuk menghabiskan sisa stok itu saja. Dibandrol mulai harga Rp 35.000,- hingga Rp 40.000,- untuk semua jenis musik, baik musik Indonesia maupun mancanegara.

Kaset-kaset yang dijual mulai dari lagu anak-anak Indonesia tempo dulu yang nge- hits sampai saat ini, seperti Kring-Kring Ada Sepeda, Hai Becak, Selamat Ulang Tahun dan sebagainya, bahkan kaset lawak Jayakarta Grup pun ada.

Buat kamu yang mau mengenang lagu-lagu tempo dulu, tidak ada salahnya mengunjungi tempat ini walaupun hanya sekedar untuk bernostalgia saja.

Foto-foto Dok Pribadi

Ella Irawan
Ella I