Seberapa Pentingnya Privacy bagi Kita?

Sering kita melihat postingan salah satu akun gosip di instagram yang memperlihatkan aktifitas sehari-hari selebritis secara sembunyi-sembunyi; terkenal dengan istilah “cekrek-cekrek hengpon jadul aplot”. Kamu semua pasti sudah bisa menebak nama akun yang dimaksud.

Ada yang bisa menerima aktifitas mereka diperlihatkan kepada publik, ada juga yang merasa risih. Yang merasa risih karena secara tidak langsung mereka merasa privacy-nya terusik.

Dalam kehidupan sehari-hari, pernahkah kamu marah kepada pasangan atau sahabat ketika mereka membuka barang-barang pribadi kamu dengan seenaknya? Dompet, telepon genggam atau barang-barang pribadi lainnya?

Baca Juga: Peluang Usaha dengan Modal Minim

Sebenarnya apa itu privacy?

Yang dimaksud dengan privacy atau kerahasiaan pribadi adalah kemampuan satu atau sekelompok individu untuk menutup atau melindungi kehidupan dan urusan personalnya dari publik, atau untuk mengontrol arus informasi mengenai diri mereka (id.wikipedia.org).

Pentingkah menjaga atau melindungi privacy bagi kita? Dalam hubungan apapun menjaga privacy sangatlah penting, entah dalam pertemanan ataupun rumah tangga.

Di kantor misalnya, ada batasan-batasan mana saja yang boleh diketahui antara sesama rekan kerja. Kamu bisa kok menolak menjawab pertanyaan mereka jika merasa privacy kamu sudah mulai terganggu. Misalnya ada yang bertanya “kenapa sih belum menikah juga?” .

Di dalam kehidupan rumah tangga pun juga sama, hargai jika pasangan keberatan saat kamu ingin ikut nimbrung membaca pesan di sms, Whatsapp dan lainnya.

Tidak selamanya keterbukaan ataupun keingintahuan membuat hubungan yang sudah terjalin baik sebelumnya akan menjadi lebih harmonis ke depannya; menghormati privacy orang lain jauh lebih baik pastinya.

Ella Irawan
Ella I