Sehat dan Bugar Bagi Anak-anak di Bulan Puasa

 

Bulan puasa tinggal menghitung hari lagi. Bagi anak-anak yang ingin memulai berpuasa tidak ada batasan usia, yang terpenting anak itu diberikan suatu pemahaman sederhana seperti pola makan yang tadinya tiga kali diubah menjadi dua kali.

Dan komposisinya harus terbagi menjadi 4, yaitu: karbohidrat, protein, sayur, dan buah, ditambah dengan susu. Bukan hanya makanan saja yang harus diperhatikan tetapi juga pengaturan asupan air.

Dalam satu hari sebanyak 8 gelas atau 2 liter yang wajib diminum, tapi bagaimana jika bulan puasa?

Baca Juga: Mengurangi Penggunaan Plastik

Semua itu dapat kita siasati dengan memperbanyak makan buah yang mengandung kadar air cukup tinggi di saat sahur. Saat berbuka, sediakan es buah, lalu setelah shalat terawih minumlah jus. Dengan melakukan hal tersebut seorang anak tidak akan kekurangan cairan selama berpuasa. Tidak lupa kadar gula pun harus tetap diperhatikan.

Bulan puasa bukan berarti anak-anak dilarang untuk melakukan aktifitas fisik seperti olah raga, tetapi justru dianjurkan tetap beraktifitas, hanya waktunya digeser. Jika biasanya dilakukan pagi hari, selama bulan puasa diubah menjadi sore hari.

Jangan merasa khawatir jika selama menjalankan ibadah puasa, terjadi penurunan berat badan, yang terpenting adalah asupan gizi seimbang harus tetap diperhatikan

Narasumber dr. Haryadi, MARS dan dr. Dimas Dwi Saputro, SpA

Ella Irawan
Ella I