ES KRIM

Tidak hanya anak kecil, hampir semua orang suka es krim, tetapi sebagian orang dewasa dapat menahan diri untuk membatasinya dengan berbagai alasan, seperti kuatir menjadi gemuk, gula darah naik, atau kuatir batuk.

Es Krim dua scoope

Penyebutan nama ice cream dari para kolonis Amerika, berasal dari fase ice cream.

Kedai es krim pertama dibuka di New York City pada tahun 1776, namun baru populer di Amerika pada abad ke-19, seiring dengan penemuan mesin pembuat es krim.

Orang Amerika penggemar es krim, setiap tahunnya diproduksi 800.000 galon. Es krim merupakan makanan penutup yang paling disukai apalagi ditambah dengan biskuit.

Tutty Fruty Es Krim di Resto Solo

Es Krim dibuat dari produk susu dengan pemanis dan bahan lainnya dan didinginkan dengan mesin pembuat es krim. Secara tradisional membuat es krim dengan memasukkan adonan ke dalam suatu wadah atau cetakan yang berada di dalam rendaman batu es bercampur dengan garam. Saat ini pun masih ada yang membuatnya dengan cara tersebut.

Es Krim diperkirakan berawal dari Romawi pada masa Kaisar Nero tahun 64 Masehi berdasarkan dari catatan yang menuliskan salah satu hidangan pesta adalah es salju halus yang diambil dari pegunungan dan dihidangkan bersama buah-buahan dan madu.

Adapun bentuk es krim seperti sekarang, diperkenalkan di China oleh Kaisar Tang dari Dinasti Shang pada tahun 700 M.

Baca Juga: Putu Bumbung

Ketika kaisar disajikan es yang diambil dari salju, beliau meminta agar es tersebut dicampur dengan susu sapi, tepung dan sedikit kapur barus. Adonan tersebut diaduk sehingga membentuk krim dan bentuk ini yang ada hingga sekarang.

Massimo Gelato di Bali- es krim Italia

Di Eropa, es krim diperkenalkan oleh Marco Polo pada abad ke-16, ketika ia kembali dari berlayar dengan membawa resep es krim terbuat dari es salju yang dicampur lemak susu, buah-buahan dan berbagai adonan hingga lembut. Pada saat itu hidangan es krim hanya untuk kaum bangsawan saja.

Di Indonesia, es krim dibawa oleh Belanda dan pada awalnya hanya dapat dinikmati di kota besar saja, saat ini es krim dapat dijumpai dimana saja.

Sumber :https://id.wikipedia.org/wiki/Es_krim,  https://bobo.grid.id/read/08674800/sejarah-es-krim?page=all,https://oligolis.wordpress.com/awal-mula-ditemukan-es-krim/

Yuli Hapsari
Yuli S