MUSIK

Musik dapat memengaruhi mood orang-orang yang mendengarkannya, seperti yang disampaikan para peneliti dari McGill University di Montreal, Amerika Serikat, yang dipublikasikan di Mamiverse.com. Dikatakan bahwa mendengarkan musik membuat mood terpengaruh, karena tubuh dapat meningkatkan dopamin. Meningkatnya dopamin di dalam otak, membuktikan manusia mendapat kesenangan setelah mendengarkan musik.

Begitu pula penelitian para ilmuan dari University of Missouri, yang disampaikan oleh Yuna Ferguson seperti dikutip dari HealthLine.com. Berdasarkan risetnya yang dipublikasikan di The Journal of Positive Psychology, orang-orang bisa lebih sukses meningkatkan mood dan meningkatkan kebahagiaan dalam dua minggu dengan cara mendengar musik. Namun untuk memperbaiki mood hanya berhasil dengan mendengarkan musik dengan beat cepat dari Copeland dan kurang berhasil dengan musik sedikit mellow dari Stravinsky.

Baca Juga: Pengaruh Musik Terhadap Keju

Ada beberapa genre atau jenis musik yang jika didengarkan dapat memengaruhi mood, diantaranya musik klasik dapat menenangkan, Latino, dapat menghilangkan kelelahan dan menambah semangat, Disco membawa suasana berjoget dan lainnya.

Lukisan sebuah vas Yunani kuno yang menggambarkan pelajaran musik (sekitar 510 SM)

Menurut KBBI musik adalah nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

Kata Musik berasal dari nama salah satu dewa dalam mitologi Yunani yang bernama Muse, yaitu dewa seni dan ilmu pengetahuan (Banoe 2003: 288). Orang Yunani kuno memainkan musik sebagai cara memuja dewa-dewi, mereka memiliki alat musik lira yang bentuknya mirip harpa kecil untuk menghasilkan musik yang lebih lembut dan tenang. Mereka menganggap musik sebagai ekspresi dari keberaturan dan pola yang indah.

Baca Juga: Mengenang Duta Suara

Musik juga sebagai terapi mengobati penyakit mental, sebagaimana disampaikan Robert Burton pada abad ke-17, dalam The Anatomy of Melancholy. Musik memiliki kekuatan yang besaruntuk mengusir penyakit, dan obat yang sangat ampuh dalam melawan keputusasaan dan melankolis.

Burton menyebutkan pada zaman purbakala, Canus, pemain biola Rhodian, dengan musik membuat seorang pria melankolis menjadi gembira, seorang kekasih menjadi lebih terpikat dan seorang religius menjadi lebih saleh.

Nah, untuk yang lagi bete, dengarkanlah musik favoritmu.

Sumber :
https://www.fimela.com/beauty-health/read/3706673/musik-penyembuh-jiwa-dan-raga
https://id.wikibooks.org/wiki/Yunani_Kuno/Seni/Musikhttps://id.wikipedia.org/wiki/Musik
https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/meningkatkan-kadar-dopamin-secara-lami/
https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Music_lesson_Staatliche_Antikensammlungen_2421.jpg

Yuli Hapsari
Yuli S