PENGARUH MUSIK TERHADAP KEJU

Pengaruh musik terhadap janin dalam kandungan maupun musik untuk terapi kesehatan, sudah sering kita mendengarnya, namun ada satu penelitian terbaru, ternyata musik bisa memengaruhi rasa dan aroma keju.

Sumber foto :https://food.detik.com/info-kuliner/d-4469364/diiringi-musik-hip-hop-ternyata-rasa-keju-jadi-lebih-enak

Sebagaimana yang diberitakan oleh food.detik.com, Bern University of Art di Swiss melakukan penelitian pada September 2018 bersama Beat Wampfler, penggemar keju. Disiapkan sembilan buah keju Emmental kualitas terbaik, masing-masing seberat 10 kg, secara terpisah diletakkan pada kotak kayu.

Setiap keju diterapkan metode stimulus musik yang berbeda genre, tidak dengan pengeras suara melainkan dengan alat transmisi kecil agar energi musik merasuk kedalam keju. Selama 24 jam penuh, keju diperdengarkan lagu dengan genre berbeda diantaranya hip hop dari A Tribe Called Quest berjudul We Got It From Here, ada musik opera Magic Flute karya Mozart, ada lagu rock klasik Led Zeppelin berjudul Stairway to Heaven dan lainnya.

Baca Juga: Apa Kabar Telepon Umum?

Tiga keju lainnya diperdengarkan musik yang lembut, yang sedang dan yang berfrekuensi tinggi, dan satu keju dibiarkan tanpa musik apa pun.

Hasil penelitian disampaikan pada tanggal 14 maret 2019, dimana keju-keju tersebut dicicipi oleh para juri tanpa mengetahui identitasnya. Dari keseluruhan keju yang terpapar musik hip hop ternyata paling kuat dalam hal aroma dan rasa yang lebih fruity. Salah satu juri adalah Benjamin Luzuy, Direktur Televisi Swiss menyampaikan hal yang sama bahwa keju yang diperdengarkan musik hip hop berbeda dalam hal rasa dan teksturnya.

Bagaimana jika diperdengarkan musik dangdut? Jika berminat membuktikannya silahkan mencoba.

Sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-4469364/diiringi-musik-hip-hop-ternyata-rasa-keju-jadi-lebih-enak

Yuli Hapsari
Yuli S