Aman tidak sih makan mie instan ??

Mie instan memang praktis, mudah menyajikannya, banyak pilihan rasa dan harganya terjangkau. Anak-anak kos sering menyediakan mie instan di kamarnya, atau orang yang jalan-jalan ke luar negeri menjadikan mie instan salah satu menunya.

Apakah mie instan aman bagi kesehatan?

Produk mie instan diawasi ketat melalui standarisasi internasional yang ditetapkan Codex Alimentarius Commission (CAC) yaitu badan standar makanan internasional dan standarisasi nasional oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Mie instan mengandung bahan tambahan untuk pengawet dan juga tambahan bahan lainnya, namun produk mie instan yang terdaftar dan beredar di Indonesia memenuhi standar dan persyaratan yang berlaku, serta dinyatakan aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Penemu Mie Instan, ternyata orang Jepang !

Hal tersebut berdasarkan keterangan pers Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Tentang Pengawasan Produk Mi Instan Yang Terdaftar Di Indonesia tanggal 18 Oktober 2010.  Di setiap negara batas maksimum pemakaian bahan tambahan tersebut sangat bervariatif.

Menurut vivahealth.co.id, sebagian besar mie instan cenderung mengandung rendah kalori, rendah serat dan protein namun tinggi lemak, tinggi karbohidrat, sodium, dan mikronutrien. Untuk yang sedang diet sebaiknya mengurangi mie instan dan untuk kesehatan, hindari makan mie instan yang berlebihan apalagi makan nasi dengan lauk mie, keduanya mengandung karbohidrat tinggi, jika makan terus menerus dapat meningkatkan resiko diabetes.

Siapa pencipta mie instan?

Mie instan diciptakan oleh Momofuku Ando di Jepang pada tanggal 25 Agustus 1958, dengan meluncurkan produk mie instan pertama di dunia, disebutnya Chiken Ramen. Kemudian tahun 1971 perusahaannya yang bernama Nissin meluncurkan produk Cup Noodles sebagai mie instan dalam gelas polistirena (styrofoam) yang pertama di dunia.

Momofuku Ando Sumber: google.com

Kesuksesan mie instan tersebut menjadikan mie instan dinobatkan sebagai ciptaan terbaik Jepang pada abad ke-20 ketika dilakukan survei di Jepang tahun 2000, sedangkan karaoke pada urutan ke-2 dan CD pada urutan ke-3.

Di Indonesia mie instan pertama kali diperkenalkan tahun 1968, dengan merk Supermi, dan tahun 1972 diluncurkan Indomie dan saat ini Indonesia menjadi produsen mie instan terbesar dunia.

Siapa saja 10 Negara terbesar dalam mengonsumsi mie instan?

Dalam urutan pertama China, kemudian Indonesia diikuti Jepang, Vietnam, Amerika Serikat, Korea Selatan, Thailand, Filipina dan Brazil.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Mi_instan
https://lifestyle.kompas.com/read/2012/06/20/17115136/Salah.Kaprah.Mi.Instan.Ditakuti..Mi.Lain.Digemari
https://www.yukepo.com/hiburan/unik/inilah-10-negara-pemakan-mie-instan-terbanyak-di-dunia-indonesia-nomer-berapa-ya/
https://www.pom.go.id/mobile/index.php/view/pers/83/Pengawasan-Produk-Mi-Instan-Yang-Terdaftar-di-Indonesia.html

Yuli Hapsari
Yuli S