Penemu Mie Instan, ternyata orang jepang !

Momofuku Ando, menciptakan mie instan pertama di dunia pada tahun 1958 dengan tiga prinsip dasar kegiatan bisnis dan pengembangan produk Nissin Food yaitu: Dunia damai kalau semua orang cukup makan, Makan yang benar membuatmu cantik dan sehat dan Produksi makanan adalah melayani rakyat.

 

Momofuku Ando

Siapakah Momofuku Ando?

Momofuku Ando seorang berkebangsaan Jepang, lahir di Chiayi, Taiwan 5 Maret 1910. Ketika masih kecil kedua orang tuanya meninggal dunia, kemudian diasuh oleh kakek-neneknya yang memiliki usaha grosir tekstil di kota Tainan. Ketika usia 22 tahun di tahun 1932, ia mendirikan perusahaan serat bernama Toyo Meias dari warisan ayahnya. Tahun 1933 di Osaka, ia mengembangkan usaha barang rajutan bernama Nito Shokai. Usahanya terus berkembang diberbagai bidang sambil kuliah di program magister Universitas Ritsumeikan.

Baca Juga: Ini dia sejarah ditemukannya MIE

Usahanya tidak berjalan mulus, ia dituduh menjual suku cadang pesawat terbang di pasar gelap dan mendapat siksaan dari polisi militer. Semasa Perang Dunia II, kantor dan pabriknya hancur terkena serangan udara, namun ia bangkit mengelola toko serba ada dan menjual makanan.

Ketika ada peraturan memilih warga negara, ia memilih menjadi warga negara Republik Tiongkok (dikemudian hari menjadi WN Jepang). Sebagai orang asing ia dibebaskan dari pajak modal dan kekayaannya untuk merintis usaha baru. Namun kekayaan Ando menarik perhatian Komandan Tertinggi Sekutu di Jepang yang sedang kesulitan anggaran, sehingga ia dipenjara selama dua tahun dengan tuduhan penggelapan pajak.

Tahun 1948 Ando mendirikan perusahaan garam dengan nama Chukososha, ia memberikan pekerjaan kepada tentara yang menganggur karena terkena demobilisasi (pembebasan tugas bagi tentara setelah perang selesai). Ketika perang usai, Jepang kesulitan bahan makanan sehingga perlu bantuan terigu dari Amerika Serikat. Rakyat Jepang dihimbau agar terigu dibuat makanan seperti udon, ramen, biskuit roti dll, namun sebagian besar membuat roti dan biskuit.

Ando bertemu pejabat Kementerian Kesejahteraan, menyampaikan keprihatinannya bahwa orang Jepang bisa kurang gizi jika hanya makan roti tanpa isi bersama air teh. Ia mengusulkan untuk mempromosikan mie, karena mie adalah budaya timur.

Baca Juga: Mau tahu sejarah ditemukannya keju?

Usulan tersebut ditolak, karena perlu tekhnik produksi masal dan belum ada jalur distribusi, sehingga roti lebih diutamakan. Ando diminta untuk meneliti dan mengkampanyekan sendiri. Ando merasa agak disepelekan, dikemudian hari timbul keinginan menciptakan mie instan.

Pada waktu itu pula Ando menjadi ketua koperasi simpan pinjam atas permintaan temannya, walaupun sudah ditolaknya karena tidak punya pengalaman. Tahun 1957 koperasi bangkrut dan Ando harus melunasi hutang, harta tersisa hanya sebuah rumah di Ikeda, Prefektur Osaka.

Ando di usia 47 tahun, mulai usaha baru dari nol, di halaman rumahnya didirikan pondok kecil dari kayu untuk membuat mie kering tahan lama yang cukup diseduh dengan air panas. Ando berhasil membuat mie dan bumbunya tetapi belum menemukan cara mengeringkan mie.

Sementara bereksperimen, kondisi keuangan makin buruk, putra kedua bernama Koki diejek temannya, mengatakan ayahnya berusaha membuat mie mustahil, namun istri dan anak-anaknya tetap yakin bisa. Ketika hampir putus asa, Ando kebetulan melihat istrinya menggoreng tempura, akhirnya ia mendapat ide mengeringkan mie dengan menggoreng.

Inilah mie instan pertama kali dibuatnya di dunia dengan nama Ckiken Ramen tahun 1958.

Tahun 1966 Ando ke Amerika memperluas pemasaran Chiken Ramen, tetapi di Amerika tidak ada mangkuk untuk menyeduhnya. Ketika sedang berada di swalayan memperkenalkan produknya, ia melihat pegawai wanita mengambil gelas kertas dan memasukkan mie yang sudah dipatahkan menjadi dua. Dari hal tersebut Ando mendapat ide membuat mie gelas.

Tahun 1971 dikeluarkan produk Cup Noodles sebagai mie instan dalam gelas polistirena (styrofoam) pertama di dunia.

Baca Juga: Gulali

Berawal dari pondok kecil menjadi komoditas makanan yang setiap tahunnya terjual 100 miliar bungkus, penemuan tersebut bukan dibangun dengan modal besar dan peralatan canggih tetapi ide, kecerdasan, semangat, dan perjalanan panjangnya bisa mewujudkan cita-citanya.

Momofuku Ando berusia panjang, ia mengatakan rahasianya main golf dua kali seminggu dan makan Chiken Ramen. Ia wafat pada usia 96 tahun. Banyak pelajaran yang bisa kita dapatkan.

Sumber :
https://www.google.com/search?q=momofuku+ando&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjioq__qNLhAhXh7XMBHRKyCusQ_AUIDigB&biw=1034&bih=619#imgrc=WxZ5-u9dseB9UM:
https://id.wikipedia.org/wiki/Momofuku_Ando MIE INSTAN

Sumber foto: www.google.com

Yuli Hapsari
Yuli S