Mengatur Keuangan Selama Ramadhan

Ig paperbow.co

Menjelang Bulan Ramadhan, banyak persiapan yang harus kita lakukan, bukan hanya persiapan fisik saja tetapi keuangan pun harus kita cermati dengan benar.

Walaupun jadwal makan berkurang dari tiga kali menjadi dua kali sehari, bukan berarti pengeluaran kita pun ikut berkurang. Bahkan pada bulan Ramadhan pengeluaran justru cenderung bisa lebih besar dari bulan-bulan lainnya, karena harga-harga cenderung sudah naik, juga banyaknya undangan untuk berbuka puasa bersama.

Mengatur keuangan selama Ramadhan memang tidak mudah, tapi bukan berarti kita tidak bisa berhemat. Ada beberapa langkah yang mungkin bisa kamu ikuti :

1. Tetapkan Anggaran Keuangan

Tentukan prioritas, pengeluaran mana yang harus didahulukan. Buatlah daftar menu selama sebulan, baik untuk berbuka puasa maupun sahur, sehingga akan diketahui berapa kira-kira dana yang diperlukan. Jangan lupa perkirakan jumlah kenaikan harga, yang pastinya semakin mendekati Idul Fitri harga-harga akan semakin melambung.

Baca Juga: Persiapan Menjelang Bulan Ramadhan

2. Selektif Memilih Undangan Berbuka

Tidak semua undangan berbuka puasa wajib diikuti, pilihlah yang memang benar-benar ingin diikuti. Semakin banyak yang kamu ikuti, semakin besar uang yang harus dikeluarkan. Selain itu juga untuk menghindari tergiurnya pada barang-barang diskon yang banyak ditawarkan di mall-mall jika buka puasa bersama diadakan di mall.

3. Memasak Makanan Sendiri

Dengan memasak makanan sendiri, jauh lebih hemat dibandingkan dengan selalu membeli diluar baik untuk sahur maupun berbuka. Selain menghemat anggaran juga sudah bisa dipastikan akan lebih higienis

Jadi, bijaklah mengelola keuangan selama bulan Ramadhan, ingatlah selalu makna yang sesungguhnya dari bulan Ramadhan.

Ella Irawan
Ella I