Puasa di Perantauan

Ig Caca_lovea

Menjalani ibadah puasa jauh dari keluarga bukanlah hal yang mudah namun bagaimana bila tugas masih menumpuk, hingga tidak memungkinkan untuk pulang ke kampung halaman?

Rasa rindu sering mengganggu pastinya, apalagi di saat sahur maupun berbuka puasa. Biasanya ada yang membangunkan ketika sahur, sekarang hanya mengandalkan bunyi alarm jam saja atau terkadang ada teman yang berbaik hati membangunkan.

Di saat berbuka pun juga begitu, biasanya di rumah sudah ada yang menyiapkan. Segala makanan sudah tersedia di atas meja, tetapi sekarang harus berusaha sendiri.

Tapi jangan sedih berkepanjangan, dari pada bersedih lebih baik kamu coba cari ide bagaimana bisa tetap menjalankan ibadah puasa dalam suasana kebersamaan.

Baca Juga: Kegiatan di Bulan Suci Ramadhan

Coba ajak teman satu kos untuk sahur dan buka bersama, cukup dengan menu yang sederhana dan kalian bisa saling berbagi satu dengan yang lain, pasti akan jauh lebih seru.

Atau bisa juga dengan berkeliling dari satu masjid ke masjid yang lain, biasanya setiap masjid menyediakan takjil gratis untuk berbuka puasa bahkan ada beberapa masjid yang menyediakan pula makan malam. Coba berhitung, sudah berapa rupiah kamu bisa berhemat.

Bulan puasa bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan, semakin diikuti rasa malas akan semakin terasa kangen pada keluarga. Coba ikut bebagai kegiatan yang diadakan di masjid bersama teman-teman seperti tadarusan, kajian ataupun itikaf.

Hidup di rantau memang tidak mudah, tapi yang perlu diingat adalah bukan hanya kamu sendiri yang mengalaminya, dan semua itu akan berbuah dengan manis di kemudian hari.

Ella Irawan
Ella I