Berpuasa yang Aman Bagi Penderita Maag

Bulan Puasa menyebabkan pola makan kita berubah, yang tadinya dalam sehari sebanyak tiga kali –pagi, siang, dan malam– menjadi dua kali sehari yaitu pada waktu sahur dan di saat berbuka.

Lamanya perut kosong di siang hari tidak jarang menyebabkan lambung terasa perih, apalagi bagi penderita maag.

Lalu apakah penderita maag tidak dapat menjalankan ibadah puasa? Jangan takut, secara tidak langsung bagi orang yang menderita maag atau asam lambung melakukan puasa sama juga dengan menyembuhkan penyakit itu, karena pada saat berpuasa usus akan beristirahat.

Baca Juga: Aman tidak sih makan mie instan??

Namun, tidak ada salahnya juga untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk memastikan apakah kondisi maag yang diderita cukup parah atau tidak.

Disarankan untuk menghindari makanan atau minuman yang dapat merangsang lambung, seperti makanan yang berlemak, goreng-gorengan, sawi, kol, makanan bersantan, juga makanan yang pedas.

Sedangkan minuman yang dihindari seperti kopi, minuman bersoda, juga minuman dingin. Perbanyaklah mengkonsumsi air putih.

Selain mengatur menu makanan, kita juga harus mengatur bagaimana mengolah makanan itu dengan tepat, caranya adalah dengan jangan makan secara terburu-buru, kunyahlah secara perlahan agar usus dapat mudah mencernanya. Makanlah dalam porsi kecil tetapi sering.

Bagi penderita maag lebih disarankan untuk makan mendekati waktu imsak di saat sahur dan segera berbuka di saat magrib, jangan lupa pula untuk minum obat sesuai dengan yang diberikan oleh dokter.

Terakhir cobalah untuk mencegah datangnya stress. 

Ella Irawan
Ella I