Jangan Biarkan Ibadah Puasa Kita Sia-sia

Foto https://id.pinterest.com

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan rukun Islam yang ke empat. Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan, di antaranya adalah dihapuskannya dosa kita di masa lalu, juga mendapatkan pahala.

Tetapi ada juga yang dapat menjadikan puasa kita menjadi sia-sia, sehingga yang kita dapatkan hanya rasa haus dan lapar saja.

Apa saja yang menyebabkan puasa kita menjadi sia-sia?

1. Tidak Ikhlas

Niatkan ibadah puasa yang kita jalani hanya kepada Allah Ta’ala. Jangan berniat puasa hanya sekedar ikut-ikutan atau gengsi semata. Ibadah kita akan diterima oleh Allah jika kita ikhlas. Begitu pula keutamaan yang akan kita dapatkan. Pahala yang tidak dibatasi, hanya bisa didapatkan jika didasari iman dan hanya mengharapkan balasan dari Allah.

2. Berkata Keji

Hendaklah kita menahan lisan di bulan Ramadhan ini, karena dengan berkata keji akan membuat puasa kita menjadi sia-sia. Rasulullah saw bersabda: ”Apabila seorang di antara kalian berpuasa maka janganlah ia berkata kotor, berteriak-teriak (bertengkar), dan bertindak bodoh. Jika ada orang yang mencela atau mengajaknya bertengkar maka katakanlah: ‘Sesungguhnya aku sedang berpuasa (dua kali)’ ” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga Puasa dan Kenangan di Masa Kecil

3. Ghibah

Ghibah bisa diartikan membicarakan keburukan orang lain. Hal ini bisa menjadikan salah satu alasan puasa kita akan menjadi sia-sia saja. Bahkan ghibah diibaratkan memakan daging saudara sendiri yang telah meninggal

4. Melakukan Kemaksiatan

Melakukan kemaksiatan bukan hanya kita jauhi di saat bulan Ramadhan saja tetapi untuk seterusnya. Contoh kemaksiatan di antaranya durhaka kepada orang tua, merokok, berzina, dan minum minuman keras.

Jadikanlah ibadah puasa kita selama satu bulan ini tidak sia-sia sehingga Allah akan membalasnya dengan pahala sesuai yang Allah janjikan.

Sumber : https://bersamadakwah.net;  https://buletin.muslim.or.id/  

Ella Irawan
Ella I