Mengenal Lebih Jauh Masjid-masjid di Indonesia

Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim, sudah dipastikan mempunyai banyak masjid, berdiri mulai dari Sabang hingga Merauke.

Berikut ada beberapa masjid yang bisa kamu kunjungi:

1. Majid Nasional Al Akbar atau bisa disebut dengan Masjid Agung Surabaya

 

Ig. Surabayapunyacerita

 

Foto : https://id.wikipedia.org

Masjid yang dibangun pada tanggal 4 Agustus 1995 ini merupakan masjid terbesar kedua di Indonesia dengan luas bangunan 22.300 meter persegi. Masjid Agung Surabaya ini mempunyai ciri khas kubahnya yang besar didampingi 4 kubah kecil berwarna biru juga memiliki 1 menara setinggi 99 meter.

Masjid yang terletak di samping jalan Tol Surabaya-Porong ini memiliki ciri khas lainnya yaitu memiliki 45 pintu dengan daun pintu (bukaan) ganda yang artinya diperlukan 90 daun pintu, masing-masing ukurannya: lebar 1,5 m dan tinggi 4,5 m. Berat daun pintu ini lebih dari 250 kg, sehingga engsel didesain dan dibuat secara khusus.

2. Masjid Raya Makasar

 

Ig masjidinfo

Masjid yang berdiri di lahan lapangan sepak bola Exelsior Makasar ini mempunyai luas 13.912 meter persegi, dibangun pada tahun 1948 dan mengalami renovasi dari tahun 1999 sampai dengan tahun 2005.

Masjid Raya Makasar ini merupakan tempat pertama kalinya diadakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) pada tahun pada 1955.

Masjid yang terletak di jalan Bulusaraung, Makasar ini terdiri dari 2 lantai, memiliki 2 buah menara setinggi 66,66 meter dan dibangun dengan menggunakan 80% bahan bangunan lokal.

Baca Juga: Masih Perlukah Tetap Bekerja?

3. Masjid Raya Baiturrahman

Ig landscapeaceh

Masjid yang terletak di pusat kota Banda Aceh, Provinsi Aceh ini pada tahun 2004 selamat dari peristiwa gempa dan tsunami dan hanya mengalami sedikit kerusakan saja. Pada waktu itu masjid ini digunakan sebagai tempat penampungan sementara bagi orang-orang yang terlantar.

Masjid Raya Baiturrahman yang memiliki 7 kubah dan 8 menara, termasuk masjid yang tertinggi di Banda Aceh.

Sumber : https://id.wikipedia.org

Ella Irawan
Ella I