Permainan Tradisional Yang Mulai dilupakan

 

Indonesia mempunyai banyak permainan tradisional yang beraneka ragam. Tetapi saat ini permainan tradisional itu mulai dilupakan, terlebih dengan semakin majunya dunia teknologi yang menyebabkan setiap anak dapat dengan mudah mengakses internet.

Permainan apa sajakah itu?

1. Bekel

 

Permainan ini lebih sering dimainkan oleh anak perempuan. Cara bermainnya, dengan melontarkan bola keatas dan pada saat bersamaan sebelum bola itu ditangkap kita mengambil atau mengubah posisi biji-biji yang ada.

2. Lompat Tali

Ig Portalnostalgia_

Dibutuhkan minimal 4 orang anak. Dua anak memegang tali atau karet secara berhadap-hadapan. Pemain lainnya harus melompati karet tersebut. Mula-mula karet diletakkan di bawah pinggang, lalu ditaruh setinggi pinggang, selanjutnya sedagu, sekuping, sekepala terakhir di atas kepala.

Baca Juga: Game Terbaik Di Tahun 2019 – Part 1

3. Petak Umpet

Ig Portalnostalgia_

Satu orang anak akan menutup mata pada satu tempat, bisa tembok yang dianggap sebagai benteng, lalu pemain lainnya bersembunyi. Anak yang matanya ditutup menghitung 1 sampai 10. Setelah itu ia akan mencari anak yang bersembunyi. Bila ketahuan tempat persembunyiannya, maka mereka akan berlomba-lomba mencapai benteng tersebut. Yang mencapai benteng lebih dahulu dialah pemenangnya.

 

4. Cublak Cublak Suweng

Satu orang anak dalam posisi seperti sedang bersujud, dan anak-anak lainnya menengadahkan tangannya di atas punggung anak yang sedang bersujud itu. Lalu kerikil diputar-putar antara satu tangan dengan yang lain sambil menyanyikan lagu cublak cublak suweng. Ketika lagu itu berhenti, maka yang anak yang bersujud itu akan menebak ada ditangan siapa kerikil itu.

Ella Irawan
Ella I