Bagaimana Khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadhan?

Ig gillaniez

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan dan banyak peristiwa penting yang terjadi di bulan Ramadhan ini, antara lain adalah turunnya kitab suci Al-Qur’an yang kita kenal dengan malam lailatul qadar di mana malam itu hanya ada di bulan Ramadhan.

Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang berisi firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. dengan perantaraan malaikat Jibril untuk dibaca, dipahami, dan diamalkan sebagai petunjuk atau pedoman hidup bagi umat manusia

Membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan merupakan sebuah amalan sunnah dengan tujuan agar ibadah puasa yang kita jalankan menjadi sempurna, sehingga di bulan Ramadhan umat muslim banyak yang berlomba-lomba untuk membaca bahkan mengkhatamkan Al-Qur’an. Namun ada juga yang tidak dapat mengkhatamkan Al-Qur’an karena kesibukan masing-masing.

Baca Juga: Waktu yang tepat Untuk Berdoa

Lantas bagaimana caranya agar dapat mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadhan? Berapa lama waktu yang kita butuhkan?

Untuk dapat mengkhatamkan Al-Qur’an satu kali di bulan Ramadhan, kita bisa mulai membacanya setelah shalat lima waktu. Setiap selesai shalat fardhu kita membaca sebanyak 4 halaman. Artinya dalam sehari kita membaca 20 halaman. Jika jumlah halaman Al-Qur’an ada 600 halaman, maka kita dapat mengkhatamkan satu kali dalam waktu satu bulan.

Tetapi jika kita hendak mengkhatamkan Al-Qur’an dua kali pada bulan Ramadhan, maka yang pada mulanya hanya membaca 4 halam setiap selesai shalat fardhu, kita bisa menambahkan menjadi 8 halaman setelah selesai shalat fardhu. Maka dalam sehari kita membaca 40 halaman. Sehingga dalam waktu satu bulan, kita dapat mengkhatamkan dua kali khataman.

Semoga Allah memudahkan niat kita untuk mengkhatamkan Al-Qur’an dibulan Ramadhan ini

Sumber : https://kbbi.web.id/Alquran;  https://islami.co

Ella Irawan
Ella I