Menggapai Ridha Allah

Foto dok pribadi

Merawat orang tua bukanlah suatu hal yang mudah, apalagi semakin lanjutnya usia maka pola pikir mereka pun kembali seperti anak-anak. Apa yang kita dikerjakan sebagai seorang anak, sering salah di mata mereka. Mood mereka pun lebih sering naik turun, bisa suatu kali mereka marah-marah atau menangis tanpa sebab, hal ini yang pastinya sering membuat kita bingung.

Apalagi semakin tua, kondisi fisik mereka sudah banyak mengalami perubahan. Berbagai macam penyakit kerap menghampiri dan mau tidak mau karena kemampuan fisik mereka sudah tidak sekuat dulu lagi, menjadikan mereka sangat bergantung kepada orang lain terutama kepada anak-anaknya.

Tapi terkadang dengan kesibukan kita, menyebabkan kita sedikit melupakan mereka. Padahal yang diinginkan oleh orang tua tidaklah muluk-muluk,  bukan materi yang diinginkan, mereka hanya ingin menghabiskan waktu dengan anak-anaknya.

Baca Juga: Strategi Menghadapi Bulan Ramadhan bagi Ibu Rumah Tangga

Mengunjungi mereka sesering mungkin adalah salah satu cara untuk membuat mereka bahagia. Selain itu berkabarlah setiap hari, walaupun hanya sekedar bertanya hal-hal yang sepele bagi kita, tapi bermakna besar  bagi mereka.

Jangan membuat air mata mereka menetes karena sakit hati dengan ucapan kita, biasakan bertutur kata dengan lembut.  Jangan sekal-kali mengucapkan kata “ah” ataupun semacamnya, apalagi sampai membentak.

Karena sesungguhnya ridha Allah terletak pada keridhaan orang tua. Dan pintu rezeki kita adalah dengan berbakti kepada mereka, urus mereka dengan benar dan penuh keikhlasan.

Ella Irawan
Ella I