Menjadi Pribadi Pemaaf

Ig sharebacham

Dalam kehidupan sehari-hari, sering sekali kita dihadapkan dengan perbedaan pendapat yang pada akhirnya berujung dengan konflik. Tidak jarang hal tersebut akan menimbulkan amarah juga kekecewaan pada orang lain.

Setiap orang berbeda-beda dalam menyelesaikan konflik, ada yang dapat langsung menyelesaikan tetapi ada yang terus membiarkan konflik menjadi berkepanjangan. Hal itulah yang pada akhirnya dapat memancing amarah bahkan dendam.

Memaafkan memang bukan perkara yang mudah bagi sebagian dari kita, padahal mempunyai sifat pemaaf adalah sangat terpuji dan dianjurkan oleh Allah, seberat apa pun kita mengalami dampak akibat kesalahan yang dilakukan orang lain. Islam selalu mengajarkan kepada kita untuk menjadi pribadi yang berlapang dada dan pemaaf.

Baca Juga: Ramadhan Saat Yang Tepat Untuk Meningkatkan Iman

Memaafkan bukan berarti kita tidak berdaya atau menyerah tetapi dengan kita mempunyai sifat pemaaf adalah sebuah cerminan kebesaran jiwa. Selain itu juga akan mendatangkan hal positif pada diri kita, yaitu hidup kita akan menjadi lebih tenang karena pikiran tidak lagi tertuju kepada seseorang yang sudah membuat kita kesal dan yang pasti kita akan terhindar dari stress.

Semoga di bulan Ramadhan kali ini pribadi kita akan jauh lebih baik lagi dan selalu mempunyai keikhlasan untuk memaafkan kesalahan orang lain.

Ella Irawan
Ella I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + nineteen =