Strategi Memasak Cepat

Ig tokoku_uniq

Memasak bukan hanya sekedar mengolah makanan mentah menjadi matang, tetapi ada hal penting lagi yang harus diperhitungkan, yaitu “ketepatan waktu”, apalagi di bulan Ramadhan ini, saat sahur dan menjelang berbuka puasa dibutuhkan ketepatan waktu dalam mengolah masakan.

Memasak terkadang memerlukan waktu lama, dimulai dari mempersiapkan bahan hingga mengolahnya, tetapi jika kita mampu mengorganisirnya maka semua kendala tersebut dapat kita hilangkan.

1. Susun Menu

Buat list menu masakan yang akan kita masak setiap hari. Dengan membuat list ini maka akan memudahkan kita dalam menyiapkan bahan-bahan apa saja yang harus ada di dapur. Jangan sampai di saat kita hendak mulai memasak, bahan-bahan yang dibutuhkan ternyata tidak ada.

Baca Juga: Ini dia sejarah ditemukannya MIE

2. Buat Stok Bumbu Dasar

Ada 3 macam bumbu dasar, yaitu: bumbu dasar putih biasanya digunakan untuk membuat aneka macam tumisan, sayur lodeh, rawon, juga semur; bumbu dasar merah digunakan untuk membuat sambal goreng, nasi goreng; dan yang terakhir bumbu dasar kuning bisa digunakan untuk membuat acar, pesmol, dan soto.

3. Kelompokan Peralatan Dapur Sesuai Jenisnya

Letakan peralatan dapur di suatu wadah dengan rapi, sehingga kita tidak akan kebingungan mencarinya. Dengan mengelompokkan sesuai jenisnya maka akan menyingkat waktu memasak.

4. Siapkan Masakan setengah Jadi

Jauh-jauh hari siapkan masakan setengah jadi di kulkas yang disimpan dalam wadah kedap udara, misalnya ungkeplah ayam sehingga jika sewaktu-waktu diperlukan kita tinggal menggorengnya

Dengan menerapkan suatu manajemen dapur yang sistematis maka, selain kegiatan memasak akan terasa lebih menyenangkan juga aneka makanan akan cepat tersaji di atas meja.

Ella Irawan
Ella I