Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

 

Ig slloaker_vintage

Timun suri bisa dikatakan sebagai buah yang istimewa, karena hanya ada selama bulan Ramadhan saja. Timun suri bukanlah termasuk tanaman musiman tetapi menjadi buah musiman terutama bagi masyarakat Jakarta.

Permintaan akan buah timun suri akan melonjak di kala bulan Ramadhan saja sedangkan pada bulan-bulan lainnya sepi peminat. Para petani mulai menanam timun suri ini dua bulan sebelum Ramadhan menjelang.

Timun suri bukanlah mentimun (Cucumis sativus) walaupun bentuk buahnya memanjang dan menyerupai mentimun. Bentuk daun dan ukuran bijinya lebih mendekati blewah atau melon

Banyak manfaat dari timun suri ini, yaitu :

1. Mengontrol Kolesterol

Ketika kita berbuka puasa, cenderung kita mengkonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan, sehingga lama kelamaan akan muncul penyakit kolesterol. Oleh karena itu sangat cocok jika mengkonsumsi timun suri karena di dalam timun suri terkandung potasium, saponin, dan magnesium yang dapat mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh.

Baca Juga: Mengais Rezeki di Bulan Ramadhan

2. Menyehatkan Gigi dan Mulut

Ketika kita mengunyah buah timun suri ini, maka produksi air liur kita akan meningkat menjadikan pH rongga mulut menjadi netral. Mengkonsumsi timun suri sangat baik bagi yang sedang menderita sakit gigi ataupun radang gusi.

3. Memperlancar Pencernaan

Timun suri kaya akan serat dan air sehingga dipercaya baik untuk pencernaan. Terlebih lagi ketika kita berpuasa masalah yang sering timbul adalah sembelit, hal ini dikarenakan asupan makanan dan minuman yang kurang.

4. Mengandung Zat Anti Kanker

Timun suri dapat menghambat proses pertumbuhan penyakit kanker dan tumor. Kandungan saponin dalam timun suri dapat membantu menghalangi jalur sinyal yang penting untuk mencegah kerusakan metabolisme tubuh dan munculnya sel kanker.

Sumber : https://biologi.ugm.ac.id;  https://id.wikipedia.org;  https://doktersehat.com ; https://www.honestdocs.id

Ella Irawan
Ella I