Olah Raga di Waktu Puasa

 

Foto https://id.pinterest.com

Melakukan aktifitas olah raga saat sedang berpuasa sangatlah dianjurkan, karena akan mendorong tubuh untuk melakukan pembakaran lemak yang selama ini tersimpan di dalam tubuh kita.

Selain itu, berolah raga selama puasa, di samping dapat menurunkan berat badan juga menurunkan kadar lemak di dalam tubuh. Walau dianjurkan kita jangan sembarangan melakukan olah raga di kala puasa.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar olah raga tersebut tidak mengganggu waktu berpuasa kita, yaitu :

Baca Juga: Bagaimana Khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadhan?

  1. Pemilihan Waktu

Untuk pemilihan waktu yang tepat, tergantung dari kita sendiri. Artinya boleh dilakukan setelah sahur, sebelum buka puasa atau pun setelah buka puasa.

Jika ingin dilakukan setelah sahur, hendaklah melakukan olah raga yang ringan saja tidak perlu berlebihan karena kita tetap memerlukan energi hingga saatnya berbuka nanti.

Jika ingin melakukannya sebelum waktu berbuka hendaknya jangan menghabiskan sisa energi yang tersisa sehingga akhirnya akan membuat tubuh menjadi lemas.

Jika ingin melakukan setelah waktu berbuka, tunggu sampai makanan selesai dicerna sehingga energi dapat terkumpul kembali. Olah raga yang dilakukan bisa olah raga berat ataupun ringan.

  1. Jenis Olahraga

Jenis olah raga yang dipilih tergantung dari kekuatan masing-masing individu. Ada baiknya di awal puasa kita tidak perlu terlalu memaksakan olahraga seperti yang biasa dilakukan saat tidak berpuasa. Olah raga yang bisa dilakukan seperti jogging, yoga dan bersepeda.

  1. Durasi

Untuk waktu yang diinginkan tergantung kepada ketahanan tubuh masing-masing, yang terpenting adalah perhatikan sinyal tubuh kita sehingga kita sadar dengan kondisi tubuh kita

Sumber : https://www.halodoc.com;  https://hellosehat.com

Ella Irawan
Ella I