Aman dan Nyaman Berkendara di Saat Mudik

 

https://id.pinterest.com

Lebaran hampir tiba, bagi kita yang mempunyai ritual mudik setiap tahun dengan menggunakan mobil pribadi, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar selama perjalanan dapat merasa aman dan nyaman.

Yang harus diperhatikan tentu saja bukan hanya kendaraan yang akan kita gunakan saja, tetapi juga kondisi kesehatan dari pengemudi itu sendiri.

Kondisi fisik dan emosi pengemudi sangat penting kita perhatikan, karena dapat mempengaruhi keselamatan seluruh penumpang kendaraan. Persiapan apa yang harus diperhatikan?

1. Beristirahat yang cukup pada malam sebelum perjalanan.

2. Jangan mengkonsumsi obat-obatan.

3. Saat tubuh merasa lelah, manfaatkan posko atau lokasi peristirahatan.

4. Membawa peralatan P3K.

Baca Juga: Pengeluaran yang Harus Diwaspadai Menjelang Lebaran

5. Membawa perbekalan yang cukup selama perjalanan.

6. Jangan mengemudikan kendaraan dalam keadaan emosi atau terburu-buru karena membuat pengemudi itu merasa tidak nyaman.

7. Hindari melakukan aktifitas lain seperti menerima telepon saat mengemudi.

8. Taatilah rambu-rambu lalu lintas untuk menghindari kecelakaan terjadi.

9. Manfaatkan GPS atau peta bagi pengemudi yang tidak hafal jalan. Pastikan batere telepon genggam selalu dalam keadaan cukup.

10. Membawa uang tunai yang cukup karena dalam perjalanan tidak selalu ada ATM dan belum tentu semua toko dapat dibayar dengan debit atau kartu kredit.

Baca Juga: Strategi Menghadapi Bulan Ramadhan bagi Ibu Rumah Tangga

Sedangkan faktor kesiapan kendaraan yang harus diperhatikan:

1. Lakukan pengecekan kendaraan pribadi di bengkel terdekat. Untuk mobil, usahakan untuk periksakan mesin, rem, oli, air bag, dan roda. Untuk motor, kondisi mesin, rem, dan ban motor harus dipastikan dalam kondisi baik;

2. Barang-barang yang hendak dibawa agar dikemas dengan rapih. Untuk barang-barang kecil lebih baik dimasukkan ke dalam kotak penyimpanan, sedangkan untuk barang yang lebih besar sebaiknya diikat agar lebih aman. Hal ini untuk mengantisipasi bahaya yang akan terjadi bila tiba-tiba harus terpaksa mengerem mendadak.

3. Hindari mengangkut beban atau orang melebihi kapasitas dari kendaraan demi keselamatan dan kenyamanan diri baik keluarga juga pengguna jalan lainnya. Setiap kendaraan sudah dirancang untuk mengangkut beban sesuai kapasitasnya masing-masing;

4. Bagi yang menggunakan kendaraan bermotor roda dua, satu peralatan aman yang wajib dipakai adalah helm, dan satu motor jangan lebih dari dua orang termasuk pengemudi.

Sumber : http://www.tunastoyota.com;  https://otomotif.bisnis.com;  https://www.gooto.com

Ella Irawan
Ella I