Pengeluaran yang Harus diwaspadai Menjelang Lebaran

https://i.pinimg.com

Tidak terasa bulan Ramadhan sebentar lagi akan kita tinggalkan dan Idul Fitri tinggal menghitung hari. Lebaran adalah salah satu saat yang kita tunggu-tunggu.

Banyak hal yang harus disikapi dengan bijak menjelang Lebaran nanti. Salah satunya adalah bagaimana mengontrol keuangan menjelang Lebaran, jangan sampai setelah Lebaran pada akhirnya malah menimbulkan hutang baru. Dana yang kita miliki baik itu gaji bulanan maupun THR haruslah dapat menutup semua pengeluaran menjelang Lebaran nanti.

Pengeluaran apa saja yang harus kita persiapkan?

1. Mudik

https://www.busnesia.com

Mudik merupakan tradisi yang dianggap wajib dilakukan sebagian umat muslim saat Lebaran. Namun kenyataannya pengeluaran untuk mudik merupakan pengeluaran yang terbesar, mulai dari tiket PP jika menggunakan akomodasi umum, juga biaya bensin dan tol bagi yang menggunakan kendaraan pribadi.

Lakukan perhitungan dengan matang, sehingga kita dapat memilih angkutan apa yang sesuai dengan anggaran yang kita miliki

Baca Juga: Mengatur Keuangan Selama Ramadhan

2. Kue Lebaran

https://www.catatannina.com

Lebaran identik dengan kue nastar, kastengel, putri salju, dan sebagainya. Harga per toplesnya lumayan mahal. Untuk menghemat anggaran, coba membuat sendiri kue-kue lebaran itu, banyak resep yang bisa kamu pilih baik dari tabloid mingguan maupun di internet.

3. Salam tempel

https://chantiqs.com

Salah satu tradisi di kala lebaran, adalah budaya salam tempel. Salam tempel biasanya diberikan oleh orang yang sudah mempunyai penghasilan sendiri. Tapi jangan sampai budaya salam tempel ini akhirnya membuat kantong kita menjadi bolong. Buatlah daftar siapa saja yang hendak kita beri, lalu masing-masing kita anggarkan besarnya sesuai dengan tingkat usia.

4. Pengeluaran di Kampung Halaman

Selama di kampung halaman, kita pun harus mempunyai perkiraan biaya yang harus kita keluarkan. Biasanya saat lebaran banyak tempat wisata yang ingin kita kunjungi juga selain bertandang ke rumah kerabat.

5. Baju Baru

Menggunakan baju baru saat lebaran, bukanlah hal yang wajib kita lakukan. Lebih baik uang yang kita miliki dipergunakan untuk pengeluaran lain yang lebih diperlukan. Memakai baju lama juga tidak masalah, yang penting baju yang kita kenakan masih dalam kondisi baik.

Rayakan hari Lebaran dengan bijak, hingga akan membawa keberkahan untuk kita semua. Jangan sampai setelah Lebaran nanti kita dipusingkan dengan kondisi keuangan yang benar-benar kosong, karena setelah Lebaran pun masih banyak pengeluaran-pengeluaran lain yang harus kita penuhi.

Ella Irawan
Ella I