Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar

Foto https://i.pinimg.com

Dalam bulan Ramadhan terdapat satu malam yang penuh dengan keberkahan, di mana malam itu adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan, yang kita sebut dengan malam Lailatul Qadar.

Sebetulnya apa yang dimaksud dengan malam Lailatul Qadar? Malam Lailatul Qadar bisa juga diartikan sebagai malam pelimpahan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah kepada umat Islam yang berkehendak mendapatkan bagian dari pelimpahan keutamaan itu. Pada malam itu juga dikisahkan sebagai malam turunnya Al-Quran.

Terjadinya Lailatul Qadar pastinya tidak ada seorang pun yang tahu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam hanya memberikan tanda bahwa lailatul qadar tersebut hadir pada sepuluh malam terakhir, tepatnya di malam-malam ganjil.

Tanda-tanda lainnya yang dapat kita rasakan adalah :

Baca Juga: Menggapai Ridha Allah

1. Udara dan angin di sekitar terasa tenang. Sebagaimana dari Ibnu Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Lailatul qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan nampak kemerah-merahan.” (HR. Thoyalisi dan Baihaqi)

2. Manusia merasakan ketenangan juga dalam beribadah yang tidak kita rasakan pada hari-hari yang lain, hal ini dikarenakan malaikat turun dengan membawa ketenangan.

3. Manusia dapat melihat malam ini dalam mimpinya sebagaimana terjadi pada sebagian sahabat.

4. Matahari akan terbit pada pagi harinya dalam keadaan jernih, tanpa sinar yang menyorot. Dari Ubay bin Ka’ab, ia berkata, “Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam ke dua puluh tujuh (dari bulan Ramadlan). Dan tanda-tandanya ialah pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa sinar yang menyorot.” (HR. Muslim)

Sumber : https://id.wikipedia.org; https://buletin.muslim.or.id

Ella Irawan
Ella I